Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Era globalisasi ekonomi yang disertai dengan pesatnya perkembangan teknologi, berdampak pada semakin ketatnya persaingan dan semakin cepatnya terjadi perubahan pada lingkungan usaha. Barang-barang hasil produksi dalam negeri saat ini sudah harus langsung berkompetisi dengan produk-produk dari luar negeri, dan perusahaan harus menerima kenyataan bahwa pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan cepat usangnya fasilitas produksi, semakin singkatnya daur hidup produk, dan keuntungan yang didapat pun akan semakin rendah.

Sektor industri merupakan komponen utama pembangunan ekonomi nasional, yang tidak saja mampu memberikan kontribusi output yang besar bagi perekonomian, tetapi juga mampu untuk memberikan kontribusi yang besar dalam penyerapan tenaga kerja.

Semenjak krisis ekonomi tahun 1998 yang berdampak negatif pada sektor industri, mengakibatkan beberapa cabang industri harus tumbuh negatif dan beberapa jalan ditempat. Termasuk didalamnya industri pakaian jadi (garmen), sebagai salah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia yaitu sandang. Kondisi industri garmen saat ini pun tidak jauh berbeda, banyak perusahaan yang menutup usahanya daripada mempertahankan atau membuka usaha di bidang garmen. Terdapat 224 perusahaan garmen yang tercatat dalam departemen perindustrian pada tahun 2006, dan bila dibandingkan dengan tahun 2003 yang mencapai 800- an  perusahaan,  kondisi  ini  dapat  dikatakan  memprihatinkan.  Salah  satu  yang menyebabkan hal ini adalah iklim usaha yang kurang kondusif, mulai dari miskinnya infrastruktur,  maraknya penyeludupan,  berbagai    regulasi    yang kontraproduktif, ketinggalan dalam hal efisensi, hingga semakin ketatnya situasi persaingan perdagangan global.

Semakin ketatnya persaingan ini tentu akan memberikan semangat kompetisi di satu pihak, namun dipihak lain dapat juga menjadi suatu ancaman bagi kelangsungan dan perkembangan usaha. Ancaman ini tidak hanya datang dari faktor pesaing saja, tetapi juga banyak faktor lain yang mempengaruhi dalam lingkungan bisnisnya. Keadaan ini memaksa dunia usaha untuk mau lebih peduli dan tanggap terhadap lingkungan usahanya, baik itu lingkungan internal maupun lingkungan eksternalnya. Dalam upaya meningkatkan kembali daya saing sektor industri  garmen  hususnya,  diperlukan  strategi  yang tepat   agar mampu mengakomodasi dan mengantisipasi kondisi lingkungan yang perubahannya cenderung terjadi secara cepat karena didorong oleh globalisasi ekonomi dan perkembangan teknologi.   Untuk mengantisipasi semua permasalahan itu, maka diperlukan manajemen strategi.

Manajemen  strategi  dapat  didefinisikan  sebagai  seni  dan  pengetahuan untuk merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional  yang  membuat  organisasi  mampu  mencapai  objektifnya  (Fred  R. David 2002:5). Dengan kata lain, manajemen strategi merupakan sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi yang efektif untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat mengenai arah perusahaan, dengan cara pemanfaatan seluruh potensi sumber daya yang dimiliki dan kemampuan untuk memanfaatkan peluang yang ada secara optimal untuk mencapai tujuannya. Dalam manajemen strategi terdapat tahapan-tahapan, yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi, yang dikenal sebagai proses yang dinamik dan memerlukan pengamatan dan penilaian yang terus menerus yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan usahanya.

Perumusan strategi dilakukan dengan menggunakan proses analitis untuk mengetahui kondisi perusahaan dan dampaknya terhadap masa yang akan datang. Strategi yang tepat dipilih melalui perumusan strategi dimulai dengan tahapan awal   mengembangkan   misi   bisnis,   tahap   kedua   mengenali   kekuatan   dan kelemahan dalam lingkungan internal perusahaan, serta peluang dan ancaman dari lingkungan  eksternal  perusahaan,  tahap   ketiga  menetapkan  sasaran  jangka panjang, dan tahapan yang terakhir menghasilkan strategi alternatif dan memilih strategi tertentu yang dianggap tepat untuk dilaksanakan.

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp350ribu Rp300ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Bagian penting dalam perumusan strategi salah satunya adalah analisis lingkungan,  yaitu  proses monitoring (pemantauan)  terhadap      faktor-faktor lingkungan dengan mencoba mengidentifikasikan faktor-faktor terpenting dan mengimplementasikannya  pada  perusahaan.  Manajemen  strategi  menekankan pada pengamatan dan mensinergikan antara kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) lingkungan internalnya dengan peluang (opportunity) dan ancaman (threat) lingkungan eksternalnya. Lingkungan internal perusahaan yang dianalisis dilakukan melalui pendekatan  pada  bagian  fungsional   perusahaan,  yaitu pemasaran,  produksi/operasi,  sumberdaya  manusia,  dan  keuangan.  Sedangkan pada lingkungan eksternal perusahaan yang dianalisis berupa lingkungan jauh, lingkungan industri, dan lingkungan operasional. Dimana kedua lingkungan ini, baik  internal  maupun  eksternal  memiliki  pengaruh  yang  cukup  besar  bagi perusahaan.  Oleh karena itu, manajemen perlu untuk memperhatikan lingkungan sekarang dengan yang akan datang, sebagai dasar pengambilan keputusan strategi yang tepat bagi kelangsungan dan perkembangan perusahan.

PT. Pesona Remaja sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang garmen, menghasilkan produk berupa celana jeans dengan merek DNE dan MAX DAVID. Dalam menjalankan aktivitasnya perusahaan ini perlu untuk menerapkan manajemen strategi untuk mempermudah pencapaian tujuannya, dengan cara melihat dan mengenali secara objektif kondisi internal dan eksternal, kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, guna mengatasi ancaman dan peluang agar dapat mempertahankan atau bahkan mengembangkan posisi perusahaan di lingkungan usaha yang cenderung berubah dengan cepat.

Berdasarkan pemikiran diatas, maka penelitian pada PT. Pesona Remaja Industri ditulis dengan tujuan untuk melihat dan mengenali lebih jauh analisa lingkungan dalam proses merumuskan strategi yang cocok guna kelangsungan dan perkembangan  perusahaan  dimasa  yang  akan  datang,  dengan  skripsi  yang berjudul: “PERUMUSAN STRATEGI PADA PT. PESONA REMAJA INDUSTRI MALANG”.

1.2       Rumusan Masalah

Semua kegiatan bisnis yang dijalankan oleh PT. Pesona Remaja Industri tidak pernah lepas dari pengaruh lingkungan bisnis tempat dimana perusahaan beroperasi. Lingkungan bisnis terkadang berubah sangat cepat dan terjadi secara terus-menerus, menuntut perusahaan untuk dapat memperkirakan dan mengelola lingkungan tersebut dengan baik agar tidak menghambat proses pencapaian tujuan perusahaan.

PT. Pesona Remaja Industri dalam hal ini harus mampu menganalisa dan mengantisipasi  perubahan  lingkungan,  baik  itu  dari  lingkungan  internal  yang masih bisa dikendalikan maupun dari lingkungan eksternal yang sukar untuk dikendalikan. Pengaruh dari kedua analisis lingkungan ini sangat besar dalam proses perumusan dan pemilihan strategi yang tepat demi kelangsungan hidup dan perkembangan PT. Pesona Remaja Industri. Analisis lingkungan internal dan eksternal  memberikan  identifikasi  mengenai  kekuatan  dan  kelemahan  serta peluang  dan  ancaman  yang  dimiliki,  sehingga  PT.  Pesona  Remaja  Industri mampu membangun daya saing dan berkembangan dengan masih memperhatikan misi dan tujuan awal.

Permasalahan utama yang dihadapi PT. Pesona Remaja Industri adalah faktor-faktor  lingkungan  apakah  yang  mempengaruhi  perusahaan  beroperasi dalam rangka menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan sesuai dengan lingkungan bisnis tempat dimana PT. Pesoan Remaja beroperasi?

Print Friendly

tags for the article:

masalah yang dihadapi pt Pesona Remaja PT Kota Malang Jawa Timur Indonesia (2)
PERUMUSAN STRATEGI PADA PT. PESONA REMAJA INDUSTRI MALANG

Leave a Reply