Referensi Jurnal Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Semakin meningkatnya persaingan dan kemajuan teknologi informasi, menghadapkan perusahaan pada lingkungan bisnis yang kompleks dan dinamis. Persaingan industri yang semakin meningkat menuntut perusahaan agar dapat meningkatkan keunggulan kompetitif dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi dengan biaya yang rendah dan mampu melakukan perubahan-perubahan untuk mencapai tingkat efektivitas dan efesiensi dalam proses produksi dalam rangka merebut pangsa pasar dan memenangkan persaingan.

Perusahaan perlu merumuskan sasaran-sasaran strategis dengan menetapkan perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang untuk menjalankan kegiatan usahanya. Oleh karena itu, manajemen memerlukan gambaran secara akurat mengenai  lingkungan bisnis baru yang dihadapi sekarang dan di masa yang akan datang agar berhasil membawa perusahaan menuju lingkungan bisnis yang kompleks dalam rangka mewujudkan visi perusahaan.

Sistem strategi manajemen diperlukan agar perusahaan dapat terus berlangsung dan berkembang. Manajemen strategi merupakan suatu proses yang digunakan oleh manajer dan karyawan untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi dalam mewujudkan visi perusahaan. Sistem manajemen strategi ini dibuat untuk mengantisipasi lingkungan yang selalu berubah, baik lingkungan intern maupun lingkungan ekstern.

Tahap analisis lingkungan menjadikan perusahaan dapat mengetahui kekuatan, kelemahan yang dimiliki perusahaan dan peluang maupun ancaman dari lingkungan ekstern. Analisis lingkungan menyediakan kerangka dasar bagi manajer untuk memanfaatkan segala kesempatan yang ada dan merencanakan tanggapan yang tepat sesuai dengan kesempatan-kesempatan yang ada. Serta membantu manajer dalam usaha melindungi perusahaan dari ancaman atau untuk mengembangkan suatu strategi yang merubah suatu ancaman menjadi bermanfaat bagi perusahaan. Tahap analisis lingkungan ini meliputi pengenalan masalah serta peluang dan menilai informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dan pemikiran logis untuk menilai informasi tersebut.

PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri semen. Komposisi kepemilikan sahamnya adalah dimiliki oleh  Pemerintah RI 51,01%, masyarakat 23,46% dan Rajawali 25,53%. Sejak Oktober 1998, Semen Gresik Group (SGG) mempunyai kapasitas terpasang sebesar 17,2 juta ton semen per tahun dan menguasai  + 45% pangsa pasar semen dalam negeri.

Pendekatan yang akan digunakan sebagai kajian masukan pada pihak perusahaan adalah Balanced Scorecard. Pendekatan ini merupakan upaya untuk menterjemahkan strategi PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, ke dalam tindakan yang didasarkan pada keempat perspektif dalam metode Balanced Scorecard yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif belajar dan bertumbuh.

Balanced Scorecard tidak hanya berfungsi sebagai alat pengukur kinerja, tapi telah berkembang menjadi alat untuk merumuskan sistem strategi manajemen. Penulis mencoba untuk mengusulkan perencanaan strategi dengan menggunakan metode Balanced Scorecard pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, yang merupakan perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di industri semen.

Berdasarkan uraian di atas, penulis memilih judul:

” Perencanaan Strategik Dengan Metode Balanced Scorecard  Studi Kasus pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk”

1.2.     RUMUSAN DAN BATASAN MASALAH

1.2.1. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah sebagaimana telah diuraikan di atas, maka rumusan masalah yang akan menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana kondisi lingkungan intern dan ekstern perusahaan.
  2. Bagaimana proses penerapan strategi manajemen yang tepat agar dapat mempertahankan posisi perusahaan.
  3. Bagaimana pola implementasi strategi dengan menggunakan metode Balanced Scorecard.

Judul terkait:

PERENCANAAN STRATEGIK DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) TBK)

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

Current day month ye@r *