Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Penelitian

Kelancaran atau keberhasilan suatu perusahaan tergantung pada kemampuan manajemen di dalam mengambil keputusan. Agar suatu operasi perusahaan dapat berjalan dengan baik, maka manajemen memerlukan informasi yang dapat dipercaya sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Dan sejalan dengan semakin berkembangnya volume perusahaan, maka menejemen semakin dituntut untuk mangatasi aneka ragam masalah yang dihadapi.

Suatu manajemen yang baik tidak hanya mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerial , tetapi dituntut untuk membuahkan keputusan yang tepat. Oleh karena itu untuk mendapatkan keputusan yang tepat, manajer harus mampu mengukur dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan yang telah dijalankan di dalam organisasinya.

Semakin berkembangnya suatu perusahaan yang diiringi dengan semakin kompleksnya aktivitas yang dijalankan akan menuntut adanya pelaksanaan aktivitas yang efektif dan efisien. Hal ini mengingat karena para manajer tidak dapat lagi memonitor secara langsung aktivitas yang dijalankan oleh para bawahannya. Namun dilain pihak perusahaan harus mampu menghasilkan produk yang berkualitas baik dengan harga yang wajar, sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing dipasaran.Dalam keadaan ini perusahaan harus membuat suatu planning yang matang agar sumber daya yang dimilikinya dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu mendapatkan laba,atau jika terjadi kerugian maka diusahakan kerugian tersebut dapat ditekan seminimal mungkin.

Proses produksi di perusahaan industri pembuatan kemasan plastik  memerlukan penanganan yang  spesifik karena tergantung dari berbagai pesanan yang diterima, yang bervariasi antara pesanan yang satu dengan pesanan yang lain.Pesanan yang satu harus dipisahkan identitasnya dari pesanan yang lain, sehingga manajemen membutuhkan informasi harga pokok tiap-tiap pesanan secara individual.Karena adanya karakteristik yang cukup unik ini , maka timbullah suatu permasalahan yang seringkali dihadapi oleh perusahaan pembuatan kemasan plastik, yaitu masalah dalam penetapan harga jual produk.Dalam perusahaan pembuatan kemasan plastik yang melakukan produksi berdasarkan pesanan, harga jual ditetapkan sebelum proses produksi dimulai atau harga jual ditentukan dimuka.Harga jual ditetapkan dimuka ini memegang peranan  penting dalam terjadinya transaksi penjualan di perusahaan, karena suatu pesanan dinyatakan diterima atau ditolak setelah adanya kesepakatan, barulah kemudian pesanan tersebut dikerjakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diperlukan suatu penanganan yang serius dalam proses penetapan harga jual dimuka pada perusahaan pembuatan kemasan plastik ini.

Agar harga jual dapat ditetapkan dengan memadai, dalam arti harga jual tersebut minimal dapat menutupi biaya yang dikeluarkan, harga jual dapat bersaing dengan perusahaan sejenis, dan harga jual mengandung laba yang dapat diharapkan perusahaan, maka satu cara yang digunakan oleh perusahaan pembuatan kemasan plastik ini adalah dengan menghitung terlebih dahulu harga pokok produksi. Harga pokok produksi adalah suatu aspek yang sangat penting dalam perusahaan.Tanpa adanya perhitungan harga pokok produksi yang tepat dan benar, maka perusahaan yang bersangkutan tidak akan mengetahui dengan pasti keuntungan yang diperolehnya atau mungkin juga kerugian yang dideritanya.untuk itu perusahaan merasa perlu untuk menggunakan sistem akuntansi biaya.Melalui sistem akuntansi biaya ini perusahaan akan memperoleh informasi -informasi biaya yang dibutuhkan untuk setiap produk pesanan dalam rangka menghitung biaya-biaya produksi yang diperkirakan terjadi.Walaupun informasi biaya bukanlah satu-satunya informasi yang dibutuhkan manajemen, akan tetapi paling tidak informasi biaya dapat mencerminkan unsur-unsur biaya secara rinci dari produk yang dihasilkan.

Melalui sistem akuntansi biaya yang digunakan di dalam perusahaan pembuatan kemasan plastik, maka dimungkinkan digunakan suatu metode akuntansi untuk mengumpulkan biaya-biaya yang dikeluarkan yaitu metode akumulasi biaya produksi.metode akumulasi biaya produksi secara ekstrim dibagi dua yaitu metode akumulasi biaya produksi berdasarkan  pesanan (job order costing method) ,dan metode akumulasi biaya produksi berdasarkan proses (process costing method).Pada perusahaan pembuatan kemasan plastik biaya produksi yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk pesanan akan dikumpulkan dengan menggunakan bantuan metode akumulasi biaya produksi berdasarkan pesanan (job order costing method).

Selain itu di dalam perhitungan harga pokok produksi diperlukan adanya sistem biaya.Sistem biaya dibedakan menjadi dua, yaitu sistem biaya yang ditetapkan dimuka (predetermind costing system),dan sistem biaya yang sebenarnya (historical cost system).harga pokok yang menerapkan sistem biaya historis dihitung pada saat produk selesai.data ini bermanfaat dalam memberikan informasi untuk masa yang akan datang  guna memperbaiki apa yang telah dilakukan dimasa lalu.selain itu juga manajemen ,memerlukan data biaya untuk mengukur kegiatan yang sedang berjalan.Hal ini yang mendorong pemakai metode perhitungan harga pokok produksi yang ditentukan dimuka.Melalui data ini manajemen dimungkinkan untuk mengetahui berapa biaya yang seharusnya sebelum produksi dimulai,sehingga harga jual dapat ditentukan dengan efektif.Sistem biaya yang digunakan dalam perhitungan harga pokok produksi pada perusahaan pembuatan kemasan plastik adalah sistem biaya yang ditentukan dimuka.

Dengan demikian diketahui bahwa perusahaan pembuatan kemasan plastik yang produksinya berdasarkan pesanan, seringkali menghadapi masalah dalam menjalankan usahanya, diantaranya masalah penetapan harga jual.harga jual tersebut harus ditentukan dimuka sebelum proses produksi itu sendiri dimulai.Untuk memecahkan masalah tersebut,perusahaan memerlukan perhitungan harga pokok produksi dengan sistem biaya yang ditentukan dimuka.Dalam rangka memperoleh perhitungan harga pokok produksi yang tepat dan benar untuk setiap produk pesanan,maka perusahaan membutuhkan suatu metode akuntansi biaya produksi berdasarkan (job order costing method).Dengan harapan  melalaui metode ini manajemen akan dapat memperoleh informasi harga pokok pesanan yang akurat,yang bermanfaat dalam menentukan harga jual yang efektif yang akan dibebankan kepada pemesan.

Dalam hal ini,maka penulis mengadakan penelitian  di PT Sanlit Inti Plastik yaitu perusahaan yang bergerak di bidang industri yang memproduksi barang kemasan plastik berupa kemasan oli, kemasan kue, kemasan cat, dan lain-lain.Perusahaan tersebut menggunakan bahan baku HPDE (High Density Poly Etilen) dan PPC (Poly pinil carbonate) untuk memproduksi barang plastik tersebut.

Berdasarkan pemikiran diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian mengenai peranan perhitungan harga pokok pesanan dimuka dalam menunjang efektivitas penetapan harga jual produk untuk itu penulis mengambil studi kasus pada PT Sanlit Inti Plastik di Leuwi gajah,Cimahi sebagai objek penelitian dengan judul: “Peranan perhitungan harga pokok pesanan dimuka dalam menunjang efektivitas penetapan harga jual produk”.

1.2  Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang penelitian, penulis akan mengidentifikasikan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana perhitungan harga pokok dimuka.
  2. Bagaimana penetapan harga jual produk pesanan yang dihasilkan perusahaan.
  3. Apakah perhitungan harga pokok pesanan dimuka yang dilakukan perusahaan berperan dalam menunjang efektivitas penetapan harga jual.

Tulisan terkait:

tags for the article:

Jurnalskripsi.com » Peranan Perhitungan Harga Pokok Pesanan Dimuka Dalam Menunjang Efektivitas Penetapan Harga Jual Produk (Studi Kasus pada PT.SANLIT INTI PLASTIK Bandung)

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment. Login »