Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian

Kondisi perekonomian Indonesia yang sedang dilanda krisis saat  ini sangat mempengaruhi kegiatan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Perusahaan-perusahaan harus bersaing agar bisa going concern. Hanya perusahaan-perusahaan yang manajemennya baik yang mampu bertahan. Hal yang harus disadari dewasa ini oleh para manejer di perusahaan adalah bagaimana menggunakan sumber daya yang cenderung semakin langka dan terbatas secara efisien dalam rangka memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas.

Demikian juga di dalam satu perusahaan, masalah penggunaan sumber daya ekonomi yang akan merupakan biaya menjadi penting di dalam rangka menghasilkan dan mengoptimalkan laba. Perusahaan harus selalu memperhatikan masalah anggaran dan biaya serta penggunaan sumber dayanya karena setiap penggunaan sumber daya yang digunakan akan mengurangi pendapatan perusahaan. Di samping itu ada pula alasan yang penting, yaitu banyaknya barang dan jasa yang dapat dijual sangat dipengaruhi oleh harga dan biaya barang dan jasa.

Dalam suatu perusahaan, masalah biaya ini semakin rumit karena banyaknya jenis biaya, baik yang langsung maupun tidak langsung mempengaruhi biaya produksi. Salah satu kelompok biaya yang perlu dikendalikan ialah biaya pemasaran.

Kecenderungan manajemen mengendalikan biaya pemasaran melalui anggaran pemasaran, dalam dunia usaha semakin sulit dengan makin banyaknya jenis biaya pemasaran. Akibatnya, perusahaan harus memiliki suatu cara yang tepat dan berguna dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengendalian biaya pemasaran perusahaan, karena hal itu merupakan syarat bagi pemenuhan tujuan perusahaan secara keseluruhan, yaitu memperoleh laba, di mana terdapat hubungan antara penjualan, biaya pemasaran, dan laba.

Banyaknya jalan yang harus ditempuh dan banyaknya tantangan yang harus dihadapi, tetapi tidak dapat dielakkan lagi bahwa kegiatan pemasaran harus tetap terkendali, dan dalam kondisi bagaimanapun harus tercermin secara wajar. Perusahaan dapat mengetahui apakah biaya pemasaran yang dikeluarkannya wajar atau tidak dengan cara melakukan analisis terhadap biaya pemasaran (dengan bantuan anggaran biaya pemasaran yang telah dibuat). Analisis tersebut merupakan alat bantu dalam mengevaluasi biaya yang telah dikeluarkan untuk kegiatan pemasaran. Analisis yang dilakukan dapat menurut jenis produk, wilayah pemasaran, dan lain sebagainya. Analisis ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat membantu menentukan keuntungan dari setiap jenis produk, sehingga perusahaan dapat mengarahkan usaha pemasarannya dengan lebih baik.

Anggaran merupakan suatu alat yang dapat membantu manajemen dalam perencanaan, koordinasi, dan pengendalian kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan. Bentuk anggaran untuk suatu perusahaan berbeda antara satu dengan perusahaan lainnya karena disesuaikan dengan besarnya perusahaan serta ragam kegiatan yang ada dalam perusahaan tersebut. Anggaran mempunyai kelebihan, yaitu dapat diartikan sebagai pedoman sekaligus sebagai alat untuk mencapai tujuan perusahaan, sehingga anggaran merupakan masalah yang menarik untuk dibahas.

Penulis memilih anggaran biaya pemasaran karena anggaran biaya pemasaran berguna untuk mencapai tujuan perusahaan, dalam mencapai efektivitas penjualan, yaitu tercapainya target volume penjualan yang telah ditetapkan perusahaan untuk dapat menghasilkan pendapatan atau laba bagi perusahaan. Pertimbangan lainnya dikarenakan aktivitas pemasaran yang terarah dengan baik penting bagi perusahaan agar dapat meningkatkan dan mempertahankan posisi produknya di pasar. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan, mengendalikan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran dan biaya pemasaran ini harus direncanakan atau diperhitungkan dengan cermat untuk nanti dibuat anggarannya.

Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai:  “PERANAN ANGGARAN BIAYA PEMASARAN DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS PENJUALAN”.

1.2 Identifikasi Masalah

Dalam skripsi ini penulis mengidentifikasikan beberapa masalah yang  akan penulis teliti dan bahas, yaitu:

  1. Apakah anggaran biaya pemasaran perusahaan telah memadai.
  2. Apakah penjualan pada perusahaan telah efektif.
  3. Bagaimana peranan anggaran biaya pemasaran dalam mencapai efektivitas penjualan.

Judul terkait:

tags for the article:

biaya pemasaran (36), Anggaran pemasaran (18), anggaran biaya pemasaran (16)
PERANAN ANGGARAN BIAYA PEMASARAN DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada PT PAPYRUS SAKTI)

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

Current day month ye@r *