Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Pegadaian merupakan sebuah Perusahaan Umum (PERUM) yang bergerak dalam bidang jasa gadai, dengan visi dan misi yang ingin melayani masyarakat dalam melakukan aktifitas ekonomi. Keberadaan Pegadaian di tengah masyarakat memiliki peran penting dalam perkembangan dan kemajuan perekonomian masyarakat.

Setiap perusahaan memiliki ciri tersendiri, baik dalam hal tujuan, visi dan misi serta beragamnya sumberdaya (karyawan) yang dimiliki. Tetapi pada dasarnya setiap perusahaan pasti menginginkan kinerja terbaik dari seluruh karyawannya. Dengan adanya kinerja yang tinggi dari para karyawan akan mempermudah perusahaan mencapai tujuan perusahaan.

Untuk mencapai suatu keberhasilan, diperlukan peran baik dari perusahaan atau karyawan itu sendiri. Perusahaan memberikan sarana berupa kegiatan pendidikan dan pelatihan, menyekolahkan karyawan, di harapkan mampu memberikan kontribusi kepada perusahaan.

Karyawan bisa dikatakan sebagai aset perusahaan, maka perusahaan perlu mengetahui dan memenuhi kebutuhan karyawan. Kebutuhan mendasar bagi setiap karyawan dimanapun mereka berada adalah “Rasa Aman” dalam menjalani perannya sebagai karyawan ataupun perannya sebagai sumber pencari nafkah utama bagi keluarganya.

Seseorang bekerja karena ada sesuatu yang hendak dicapainya dan orang berharap bahwa aktivitas kerja yang dilakukannya akan membawanya kepada suatu keadaan yang lebih memuaskan daripada keadaan sebelumnya (Anoraga dalam Gunawan, 2004:1). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pada diri manusia terdapat kebutuhan-kebutuhan yang pada saatnya nanti membentuk tujuan-tujuan yang hendak dicapai dan dipenuhinya. Demi mencapai tujuan-tujuan itu, orang terdorong untuk melakukan suatu aktivitas yang dikenal dengan bekerja.

Kualitas dan kemampuan karyawan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, latihan, motivasi, etos kerja, mental dan kemampuan fisik karyawan yang bersangkutan. Pendidikan memberikan pengetahuan bukan saja yang langsung dengan pelaksanaan tugas, tetapi juga landasan untuk mengembangkan diri serta kemampuan memanfaatkan semua sarana yang ada untuk kelancaraan pelaksanaan tugas. Semakin tinggi pendidikan semakin tinggi produktivitas kerja.

Dalam kenyataannya kinerja seseorang akan dapat berbeda dengan orang lain. Agar kinerja dari setiap karyawan dapat meningkat diperlukan suatu pendorong atau faktor yang dapat membuat kinerja karyawan tersebut sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan. Menurut Mangkuprawira dalam Gunawan (2004:1), faktor-faktor yang mempengaruhi relatif kompleks, bisa jadi faktor instrinsik (tingkat pendidikan, pengetahuan, ketrampilan, motivasi, kesehatan dan pengalaman) dan faktor ekstrinsik (kompensasi, iklim kerja, kepemimpinan, fasilitas kerja, dan hubungan sosial).

Dengan demikian, terlihat adanya kinerja yang baik sehingga mencapai produktivitas kerja yang tinggi. Sudah tentu, untuk dapat mendorong sumber daya manusia di perusahaan agar memberikan kontribusi yang maksimal, tidak lepas dari kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan. Salah satu kewajiban pokok yang perlu diperhatikan terhadap sumber daya manusia di perusahaan adalah memenuhi kesejahteraannya.

Namun terlepas dari hal-hal tersebut, secara umum manusia dan potensinya merupakan elemen utama keberhasilan suatu bisnis. Dan bagaimana sumber daya manusia berupa tingkat etos kerja, pendidikan, ketrampilan, pengetahuan, emosi, kejujuran, kesehatan, pengalaman, dan kepemimpinan dapat dioptimalisasikan. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis tertarik untuk mengamati masalah ketenagakerjaan dan mengkaji lebih dalam lagi tentang : ” Pengaruh Tingkat Pendidikan, Masa Kerja, dan Gaji Terhadap Kinerja Karyawan Tetap Di Kantor Wilayah Perum Pegadaian Malang “.

1.2. Permasalahan

Dari latar belakang yang telah dirumuskan di atas dapat diketahui bahwa kinerja karyawan merupakan faktor yang penting untuk keberhasilan suatu perusahaan. Dari fenomena tersebut masalah yang dapat dirumuskan yaitu sebagai berikut :

  1. Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan, masa kerja, dan gaji terhadap kinerja karyawan perusahaan di Kantor Wilayah Perum Pegadaian Jl. Halmahera No.9 Malang ?.
  2. Manakah diantara tingkat pendidikan, masa kerja, dan gaji yang paling berpengaruh  terhadap kinerja karyawan ?.

Judul terkait:

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, MASA KERJA, DAN GAJI TERHADAP KINERJA KARYAWAN TETAP DI KANTOR WILAYAH PERUM PEGADAIAN MALANG

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

Current day month ye@r *