Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi yang mengkomunikasikan  informasi  keuangan kepada  pihak-pihak yang berkepentingan. Dari laporan keuangan dapat diketahui kinerja keuangan perusahaan yang sering dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi oleh masing-masing pihak yang berkepentingan. Pemakai laporan keuangan meliputi investor sekarang dan investor potensial, karyawan, pemberi pinjaman, pemasok dan kreditur usaha lainnya, pelanggan, pemerintah serta lembaga- lembaganya dan masyarakat.

Van Horne (1986) menyatakan banwa harga saham perusahaan merupakan ukuran indeks prestasi perusahaan, yaitu seberapa jauh manajemen perusahaan telah berhasil mengelola perusahaan atas nama para pemegang saham, sehingga kekuatan pasar di bursa ditunjukkan dengan adanya transaksi jual beli saham perusahaan tersebut di pasar modal. Terjadinya transaksi tersebut didasarkan pada pengamatan  para  investor  terhadap  prestasi  atau  kinerja  perusahaan,  sehingga pada umumnya perusahaan yang diketahui mempunyai kinerja bagus akan mempunyai prospek kenaikan harga saham dengan cepat. Untuk mengukur perkembangan dan pertumbuhan    kinerja     perusahaan, investor  biasanya menggunakan ukuran kinerja keuangan yang berupa rasio keuangan yang merupakan salah satu metode atau teknik analisis yang dapat menjelaskan suatu hubungan antar faktor yang satu dengan faktor lain yang terdapat dalam laporan keuangan.

Investor akan melakukan analisis laporan keuangan terlebih dahulu sebelum melakukan investasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan investor adalah dengan mengamati kinerja keuangan dalam melakukan evaluasi dan proyeksi harga saham perusahaan.

Saham merupakan salah satu alternatif berinvestasi dalam aset finansial. Kebutuhan akan informasi yang relevan dalam pengambilan keputusan investasi dalam aset finansial di pasar modal sangat dibutuhkan oleh investor. Untuk mengukur  hal  ini  investor  dapat  melakukan analisis  data  internal  perusahaan. Salah satu analisis yang dapat dilakukan adalah analisis rasio keuangan (Munawir, 1995).

Peneliti  yang  telah  menguji  pengaruh  kinerja  keuangan  terhadap  variasi harga saham adalah Ari Puspitosari (2000), dengan mengambil variabel kinerja keuangan perusahaan, yaitu current ratio, debt to equity ratio, coverage ratio, net earnings power ratio, rate of return for the owner dan total asset turnover sebagai variabel independen dan harga saham sebagai variabel dependen. Alat analisisnya adalah analisis regresi linier berganda. Sampelnya adalah sebanyak 19 perusahaan tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan periode pengamatan tahun 1997-1999. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pasar modal di Indonesia secara agregat mampu mengaitkan kinerja keuangan perusahaan dengan harga  saham.  Tetapi  secara  parsial  hanya  variabel  debt  to  equity  ratio,  net earnings power ratio, rate of return for the owner dan total asset turnover berpengaruh  terhadap  harga  saham,  sedangkan  variabel  current  ratio dan coverage ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham. Peneliti lainnya yaitu Adi Kurniawan (2003) dengan mengambil variabel return on equity, leverage ratio, deviden payout ratio, dan earning growth sebagai variabel independen dan harga saham sebagai variabel dependen. Alat analisisnya adalah analisis regresi linier berganda. Sampelnya adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan periode pengamatan tahun 1999-2001. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pasar modal di Indonesia secara agregat mampu mengaitkan kinerja keuangan perusahaan manufaktur dengan harga saham. Tetapi secara parsial hanya variabel deviden payout ratio dan earning growth yang berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel return on equity dan leverage ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham.

Berdasarkan uraian tersebut peneliti bermaksud untuk melakukan pengujian ulang (replikasi) terhadap penelitian Ari Puspitosari (2000) dan Adi Kurniawan (2003) guna memperoleh bukti empiris adanya pengaruh faktor kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan debt to assets ratio, debt to equity ratio, return on assets, return on equity, dan net profit margin terhadap harga saham. Penelitian ini menguji konsistensi hasil penelitian sebelumnya jika diterapkan pada periode dan sampel yang berbeda dan menggunakan rasio keuangan yang berbeda sebagai variabel bebasnya. Penelitian ini dilakukan pada periode tahun 2003-2004, kemudian sampel penelitian ini yaitu perusahaan yang termasuk dalam kelompok LQ-45. Perkembangan kinerja perusahaan yang tergabung dalam kelompok LQ-45 adalah menarik untuk diteliti, sehingga peneliti mengambil judul:

PENGARUH   KINERJA    KEUANGAN YANG DIUKUR DENGAN RASIO  KEUANGAN  TERHADAP  HARGA SAHAM  PERUSAHAAN  YANG  TERMASUK  DALAM KELOMPOK LQ-45

1.2   Perumusan Masalah

Banyaknya faktor yang mempengaruhi pembentukan harga saham di pasar modal dengan sendirinya menuntut investor yang akan melakukan investasi di perusahaan maupun di pasar modal untuk melakukan penilaian secara lebih mendalam terhadap kinerja suatu perusahaan dalam pengambilan keputusan. Hal ini  dimaksudkan  agar  mereka  memperoleh  hasil  yang  optimal.  Untuk  itu diperlukan  evaluasi  secara  terus-menerus  terhadap  laporan  keuangan  sehingga akan diketahui kondisi keuangan perusahaan. Salah satu alat analisis yang dapat digunakan untuk menilai kondisi keuangan perusahaan tersebut adalah rasio keuangan.

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah kinerja keuangan perusahaan-perusahaan  yang  termasuk  dalam  kelompok  LQ-45  yang  diukur dengan rasio-rasio keuangan mempengaruhi harga saham perusahaan-perusahaan tersebut?

Judul terkait:

tags for the article:

rasio keuangan perusahaan (10), yusri jurnal analisis deviden payot rasio terhadap return saham (2)
PENGARUH KINERJA KEUANGAN YANG DIUKUR DENGAN RASIO KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM KELOMPOK LQ-45

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

Current day month ye@r *