Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Dalam memasuki dunia yang teknologinya sudah serba canggih dan cepat, sehingga tidak luput dari berkembangnya ilmu pengetahuan yang pada saat ini secara langsung mengakibatkan teknologi pun ikut berkembang. Hal itu terbukti dengan munculnya alat-alat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang lebih modern, sehingga produk yang diciptakan disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, dan tuntutan yang terus berubah dan maju ke arah yang lebih praktis, efisien dan efektif.

Dewasa ini munculnya produk dan jasa untuk komunikasi sedang marak , yaitu telepon genggam dan perusahaan operator yang mengendalikannya. Pengguna jasa telekomunikasi pada saat ini tidak saja dikalangan pengusaha atau bisnis, tetapi sudah suatu kebutuhan di semua kalangan. Produk ini mempunyai manfaat untuk menghubungi orang secara praktis tanpa harus mencari telepon umum atau warung telkom (wartel). Dengan munculnya perusahaan operator- operator GSM, maka dirasakan dunia telekomunikasi ini semakin mempunyai prospek masa depan yang baik, maka timbul persaingan diantara perusahaan yang masing-masing ingin merebut pangsa pasar yang ada.

Di masa persaingan memperebutkan pangsa pasar yang sangat ketat seperti sekarang ini, kita tidak hanya bisa mengandalkan kepada produk yang berkualitas, harga yang bersaing dan jumlah outlet yang banyak. Tetapi didukung juga oleh upaya-upaya dalam mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan. Salah satu alat yang dapat digunakan dalam promosi adalah advertising atau periklanan.

Periklanan diharapkan dapat meningkatkan penawaran produk dan pembelian yang sedang lesu. Dengan melihat pentingnya suatu iklan maka sudah selayaknya perusahaan perlu mempertimbangkan suatu konsep iklan yang benar- benar berkualitas baik, sehingga dapat menunjang suatu keberhasilan perusahaan dalam menggelindingkan roda usahanya. Persaingan diantara produsen yang mengiklankan produk atau jasa mereka dengan menggunakan media advertising tidak  hanya  bermanfaat  untuk  mengingatkan  dan  mendorong  para  konsumen untuk membeli sebuah produk atau jasa, tetapi kini dapat digunakan sebagai ciri khas yang dapat membedakan antara satu produsen dengan produsen lainnya. Dengan demikian dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sehingga dapat menarik konsumenlebih banyak dan penjualan pun akan meningkat. Efek promosi hanya sesaat, sehingga perlu ditinjau kembali untuk menanamkan pilihan produk untuk jangka panjang.

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp350ribu Rp300ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Demikian pula dengan PT. Indosat yang merupakan salah satu operator seluler di Indonesia. Sebagai perusahaan jasa, PT. Indosat mempunyai misi untuk menyediakan layanan telekomunikasi seluler yang terunggul. Jaringan seluler terbaik, yaitu: Mentari, Indosat M3 dan Matrik. ketiganya mempunyai keunggulan dengan kualitas dan kejernihan suara yang sama, khas Indosat.

Dalam menjalankan usahanya, PT. Indosat dihadapkan pada banyaknya perusahaan  sejenis  yang  menghasilkan  produk  yang  sama.  Oleh  karena  itu, PT. Indosat berusaha untuk melakukan kegiatan advertising sebagai salah satu cara mengkomunikasikan produknya kepada konsumen dengan sebaik-baiknya. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan konsumen memperoleh informasi terbaru dari perusahaan.

Dengan melakukan periklanan yang unik dan khas, diharapkan volume penjualan akan produk SIMcard dari Indosat akan meningkat sehingga mendorong mereka untuk membeli dan menggunakan SIMcard dari PT. Indosat. Dengan demikian jumlah pemakai SIMcard tersebut juga meningkat.

Sehubungan dengan masalah di atas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai kegiatan periklanan yang dilaksanakan PT. Indosat dalam kaitannya dengan meningkatkan volume penjualan. Dengan judul penelitian “Pengaruh Periklanan Terhadap Volume Penjualan Kartu Perdana Mentari di PT. Indosat Bandung”.

1.2       Identifikasi Masalah

Dengan semakin banyaknya perusahaan sejenis, maka persaingan untuk merebut konsumen semakin ketat. Karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik untuk memenangkan persaingan tersebut. Periklanan sebagai salah satu bauran promosi merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan  kepada  calon  pembeli  yang  paling  potensial  atas  barang  atau  jasa dengan biaya yang semurah-murahnya.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengidentifikasikan beberapa masalah yang menjadi subjek penelitian yaitu sebagai berikut:

  1. Bagaimana kegiatan periklanan yang dilaksanakan oleh PT Indosat?
  2. Metode penetapan anggaran periklanan apa yang digunakan PT Indosat?
  3. Seberapa besar pengaruh periklanan dalam upaya meningkatkan volume penjualan Kartu Perdana Mentari pada PT Indosat?
Print Friendly

tags for the article:

skripsi periklanan (66), pengaruh periklanan terhadap volume penjualan (36), pengaruh iklan terhadap penjualan (24), pengaruh iklan terhadap penjualan produk (24), strategi pemasaran indosat (10)
PENGARUH KEGIATAN PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN KARTU PERDANA MENTARI DI PT INDOSAT BANDUNG

Leave a Reply