Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang

Kehidupan dunia bisnis yang mengalami perkembangan dan perubahan membawa pengaruh terhadap munculnya berbagai macam produk sejenis. Disertai dengan isu globalisasi dan informasi telah membawa masyarakat lebih kritis dan peka di dalam pemilihan produk yang mereka beli. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pergeseran pada pola hidup konsumen, dimana pada kondisi ini masyarakat sebagai konsumen suatu barang atau jasa akan dapat memilih produk mana yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan, keuangan dan selera. Karena bagaimanapun juga pada era pemasaran sekarang ini konsumen tidak hanya berperan sebagai obyek saja, melainkan telah menjadi subyek.

Semakin tumbuh dan berkembangnya perusahaan dengan produk sejenis mengakibatkan persaingan semakin ketat. Untuk bisa menghadapi persaingan tersebut, perusahaan dituntut untuk lebih memperhatikan perilaku konsumen yang setiap saat berubah karena banyaknya variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli  barang  dan  jasa.  Dalam rangka  inilah  perusahaan  sebagai  produsen  harus melaksanakan kegiatan pemasaran yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen dengan cara mempertahankan keberadaan produk dan mengembangkannya untuk mendapatkan laba yang optimal. Hal ini sangat penting bagi produsen untuk memahami dan mengerti mengapa dan bagaimana konsumen itu memilih dan pada akhirnya membeli suatu produk.

Pengetahuan dasar yang baik mengenai perilaku konsumen akan dapat memberi masukan  yang  berarti  dalam perencanaan  strategi  pemasaran.  Hal ini juga berguna dalam mengidentifikasi peluang dan ancaman baik dimasa kini maupun dimasa datang. Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang berasal dari dalam diri konsumen maupun dari luar diri konsumen. Beberapa faktor yang berasal dari luar konsumen yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang yaitu kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga. Sedangkan faktor yang berasal dari dalam diri konsumen yang mempengaruhi perilaku konsumen seperti, sikap, kepribadian, konsep diri, belajar dan motivasi.

Perilaku  konsumen  dalam pembelian  akan  mencerminkan  tanggapan  mereka terhadap berbagai rangsangan (stimuli) pemasaran yang terlihat dari tanggapan akan berbagai bentuk atau wadah produk, harga, promosi dan lain-lain. Hal ini sangat membantu perusahaan, khususnya manajer pemasaran dalam menetapkan harga, merancang distribusi, melaksanakan diversifikasi dan pengembangan produk serta bagaimana melaksanakan promosi yang tepat dan bisa diterima oleh masyarakat.

Demikian halnya dengan produk pasta gigi yang merupakan salah satu produk kebutuhan sehari-hari atau convinience goods yang bermanfaat untuk menjaga dan melindungi gigi. Konsumen pasta gigi di Indonesia sekarang ini, diberi tawaran oleh produsen dengan berbagai macam merek pasta gigi. Merek-merek pasta gigi tersebut diantaranya  adalah  Pepsodent,  Ciptadent,  Close  Up,  Smile  Up,  Ritadent,  Formula, Siwak F, dan lain-lain. Dimana masing-masing merek tersebut akan mengandalkan produknya kepada konsumen melalui media yang ada. Persaingan semakin ketat dan produsen makin berlomba-lomba untuk mendapatkan calon pembeli dengan berbagai cara seperti mengubah kemasan yang lebih menarik, pemberian hadiah pada konsumen, menciptakan produk dengan berbagai aroma atau rasa.

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp350ribu Rp300ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Berdasarkan   hal   tersebut,   untuk   mendapatkan   hasil   yang   terbaik,   maka konsumen mengadakan pemilihan produk yang dapat memenuhi kebutuhannya secara maksimal. Konsumen, dalam hal ini mahasiswa, akan melakukan pemilihan kebutuhan tersebut tergantung pada harga, promosi, tempat, produk, serta dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal dari mahasiswa itu sendiri.

Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi adalah komponen-komponen   yang   dapat   dikendalikan   oleh   perusahaan,   dimana   dapat digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi respon konsumen. Atribut yang melekat pada suatu produk dengan sengaja diperlihatkan atau diinformasikan untuk mendapat atau mempengaruhi konsumen. Sedangkan bagi konsumen komponen- komponen bauran pemasaran yang diberikan oleh perusahaan dapat menjadi stimulus dalam pengambilan keputusan. Jadi dalam hal ini konsumen melihat bauran pemasaran sebagai daya tarik terhadap suatu produk.

Dalam penelitian ini, alasan pemilihan produk pasta gigi Pepsodent karena di Indonesia pasar pasta gigi dikuasai oleh merek Pepsodent yang diproduksi oleh PT. Unilever. Ini dilihat dari market share atau pangsa pasarnya yang mencapai  87% dari merek  pasta  gigi  lainnya  (www.kontan-online.com, 2006).  Selain  itu  pasta  gigi Pepsodent adalah merek yang paling dikenal (Top of Mind) oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, hal ini ditunjukkan dengan nilai brand share yang mencapai 79% (Majalah MIX edisi Mei 2005).

Pasta gigi merek Pepsodent ini tersedia dalam beberapa macam aroma dan rasa. Masing-masing aroma rasa ini dikemas dalam ukuran yang bermacam-macam pula.

Adapun jenis aroma dan rasa yang diproduksi adalah Pepsodent Perlindungan 12 Jam, Pepsodent Complete Care, Pepsodent Plus Whitening, Pepsodent Herbal, dan produk terbarunya Pepsodent Complete 12 Germicheck, serta produk untuk segmen anak-anak adalah Pepsodent Junior atau Pepsodent Gigi Susu yang disediakan dalam 2 (dua) aroma dan rasa yaitu rasa Strawberry Bubble dan rasa Orange Fruity. Berdasarkan pada konsep pemikiran diatas, maka peneliti tertarik untuk menganalisis dan meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen dengan mengambil judul : “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP       KEPUTUSAN KONSUMEN  DALAM  PEMBELIAN  PASTA  GIGI  MEREK  PEPSODENT (Studi pada Mahasiswa Strata-1 Universitas Brawijaya Malang)”.

1.2.   Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

  1. Apakah variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pasta gigi merek Pepsodent pada mahasiswa strata-1 Universitas Brawijaya Malang?
  2. Apakah variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pasta gigi merek Pepsodent pada mahasiswa strata-1 Universitas Brawijaya Malang?
  3. Variabel manakah yang dominan berpengaruh diantara variabel bauran pemasaran yang diteliti tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen dalam pasta gigi merek Pepsodent pada mahasiswa strata-1 Universitas Brawijaya Malang?
Print Friendly

tags for the article:

bauran pemasaran (288), Pengaruh bauran pemasaran (16), pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen (14)
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PASTA GIGI MEREK PEPSODENT (Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Universitas Brawijaya Malang)

Leave a Reply