Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Pada abad ke 21 ini yang merupakan era kompetisi global, setiap perusahaan menghadapi tingkat persaingan yang semakin tajam. Untuk menghadapi persaingan tersebut, perusahaan seharusnya memiliki keunggulan kompetitif (competitive advantage) tertentu dibandingkan dengan para pesaingnya. Perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif umumnya memiliki sumber-sumber yang dapat diandalkan dalam rangka memenangkan persaingan. Salah satu sumber tersebut adalah sumber daya manusia. Dari pernyataan-pernyataan tersebut dapat dikemukakan bahwa sumber daya manusia di era kompetisi ini sangat menentukan keberhasilan perusahaan.

Keunggulan daya saing yang lain seperti teknologi produk, desain organisasi memerlukan bantuan sumber daya manusia untuk mengoperasionalkannya. Kompetensi yang dimiliki sumber daya manusia membuat sumber daya manusia mampu menggali potensi dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang lainnya untuk mencapai profitabilitas perusahaan. Untuk dapat mencapai profitabilitas tersebut, sumber daya manusia harus diperhatikan dengan baik karena manusia adalah sumber daya terpenting suatu perusahaan yang memberikan tenaga, bakat, kreatifitas dan usahanya kepada perusahaan (Handoko, 1998). Mengingat peranan sumber daya manusia yang sedemikian berharga bagi perusahaan, manajer harus mampu mempersiapkan, mengelola dan mempertahankan sumber daya manusia yang dimilikinya agar sumber daya manusia tersebut mampu memberikan kontribusi secara optimal terhadap pencapaian organisasi.

Permasalahan penting yang dihadapi oleh seorang manajer salah satunya adalah mengenai manajemen sumber daya manusia, karena manajemen sumber daya manusia memiliki tingkat persaingan yang tinggi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membutuhkan manajemen perusahaan yang baik, maka tujuan yang telah disepakati bersama dapat tercapai.

Masalah tenaga kerja saat ini adalah kompleks karena adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat dan adanya pertumbuhan persaingan. Tantangan utamanya adalah bagaimana memilih, mengelola karyawan dengan efektif dan menghapuskan praktek-praktek yang tidak selektif, yaitu dengan cara ketepatan melakukan kegiatan rekruitmen, hal ini akan terlihat dari hasil penilaian kerja setelah para pekerja melaksanakan tugas-tugas pokoknya untuk suatu periode tertentu. Dalam kondisi lingkungan di atas seorang manajer dituntut untuk selalu mengembangkan cara-cara baru untuk dapat menyeleksi dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi yang diperlukan perusahaan agar tetap mampu bersaing.

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp350ribu Rp300ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Untuk membentuk tenaga kerja yang berkualitas maka perlu menentukan kualifikasi mengenai tenaga kerja yang dibutuhkan dan menempatkannya pada jabatan yang tepat, sehingga tujuan perusahaan akan tercapai. Untuk mencapai tujuan perusahaan maka diperlukan suatu perencanaan tenaga kerja yang baik untuk masing-masing divisi atau departemen yang ada di dalam perusahaan. Dengan adanya perencanaan tenaga kerja, diharapkan pihak perusahaan akan memperoleh informasi yang berkaitan dengan penentuan kualitas tenaga kerja yang diperlukan perusahaan untuk mengisi jabatan-jabatan yang ada secara efektif.

Berkaitan dengan hal tersebut, PT. Karya Niaga Bersama adalah salah satu perusahaan besar yang bergerak dalam bidang industri rokok kretek yang memproduksi rokok dengan merk “Grendel” yang berkembang pesat dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya yang ada di Indonesia, tentunya juga membutuhkan suatu perencanaan tenaga kerja yang cermat dan tepat agar tetap dapat melaksanakan kegiatannya dengan baik. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan rekruitmen yang efektif dan dampaknya terhadap kinerja karyawan, penulis mencoba melakukan pengamatan di PT. Karya Niaga Bersama Malang.

Berdasarkan pemikiran tersebut, timbul keinginan penulis untuk mengkaji lebih dalam mengenai pelaksanaan rekruitmen yang efektif dan dampaknya terhadap kinerja karyawan sehingga skripsi ini diberi judul : “Pelaksanaan Rekruitmen Yang Efektif Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Karya Niaga Bersama Malang”.

1.2.  Rumusan Masalah

Sekarang ini banyak tersedia calon-calon tenaga kerja yang mempunyai latar belakang pendidikan yang memadai, tetapi tidak semua calon tenaga kerja mempunyai kemampuan yang sesuai dalam memajukan perusahaan. Sedangkan sekarang ini sebuah organisasi atau perusahaan membutuhkan calon tenaga kerja yang mampu bekerja secara baik dan berkualitas, maka langkah-langkah yang dilakukan suatu perusahaan untuk merekrut tenaga kerja adalah melaksanakan proses rekruitmen yang efektif agar di kemudian hari akan diperoleh produktifitas dan kinerja yang tinggi dari karyawan.

Dari latar belakang masalah di atas maka penulis mengajukan pokok permasalahan sebagai berikut :

  1. Bagaimana  pelaksanaan rekruitmen yang efektif pada PT. Karya Niaga Bersama Malang?
  2. Bagaimana kinerja karyawan pada PT. Karya Niaga Bersama Malang?
  3. Apakah pelaksanaan rekruitmen yang efektif mempunyai dampak terhadap kinerja karyawan?

Print Friendly

tags for the article:

jurnal rekrutmen (50), pengaruh rekrutmen terhadap kinerja (12)
PELAKSANAAN REKRUITMEN YANG EFEKTIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT KARYA NIAGA BERSAMA MALANG (Bagian Produksi Sigaret Kretek Mesin/SKM)

One Response to “PELAKSANAAN REKRUITMEN YANG EFEKTIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT KARYA NIAGA BERSAMA MALANG (Bagian Produksi Sigaret Kretek Mesin/SKM)”
  1. Musa says:

    saya ingin pesan 1 skripsi dengan judul: pelaksanaa rekruitmen yang efektif dan dampaknya terhadap kinerja karyawan
    Bagaimana cara proses mendapatkanya, dan ke rekening mana saya transfer.
    terimakasih.

Leave a Reply