Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Persaingan dalam dunia usaha dewasa ini tampak meningkat. Hal ini menyebabkan manajemen setiap perusahaan mendapat tantangan untuk berusaha secara kompetitif menghadapi pesaing. Perusahaan yang ingin berhasil memperoleh laba, serta dapat bertahan bertahun-tahun dengan tumbuh dan berkembang tidak boleh menggantungkan diri pada cara kerja masa lampau yang kurang efisien, kurang ahli dan tidak profesional. Perusahaan harus mengelola usahanya dengan menggunakan manajemen yang baik, diharapkan perusahaan dapat tetap hidup dan terus berkembang dimasa yang akan datang.

Strategi sudah tidak asing lagi bagi pelaku bisnis, karena dalam peranannya, strategi mencakup setiap usaha untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya. Pada dasarnya strategi memberikan arah dalam kaitannya dengan variabel-variabel seperti segmentasi pasar, identifikasi pasar sasaran, positioning, elemen bauran pemasaran dan biaya bauran pemasaran. Sekarang ini manajemen strategis dipraktekkan oleh sebagian besar perusahaan berukuran menengah dan oleh perusahaan yang lebih kecil.

Manajemen strategis dapat didefinisikan sebagai seni pengetahuan untuk merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mampu mencapai obyektifnya. (David, R.Fred. 2002:5) Fokus manajemen strategis terletak pada memadukan manajemen, pemasaran, keuangan/akunting, produksi/operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi. Misi, sasaran dan strategi organisasi yang sudah ada merupakan titik awal yang logis untuk manajemen strategis karena situasi dan kondisi perusahaan saat ini mungkin menghalangi strategi tertentu dan mungkin bahkan mendikte tindakan tertentu. Setelah perumusan strategi dilalui, maka tahap selanjutnya yang harus dilaksanakan adalah proses pengimplementasian dan pengevaluasian strategi secara terus menerus.

Beberapa alasan utama mengenai arti penting penggunaan manajemen strategis adalah sebagai berikut :

  1. Manajemen strategis merupakan satu cara mensistematisasi berbagai keputusan bisnis yang paling penting. Bisnis mencakup resiko besar dan manajemen strategis berusaha menyediakan data sehingga spekulasi yang beralasan dan berinformasi dapat dilakukan kalau perlu.
  2. Manajemen strategis membantu mendidik para manajer agar menjadi pengambil keputusan yang lebih baik. Hal ini juga membantu meneliti masalah pokok perusahaan.
  3. Manajemen strategis membantu meningkatkan komunikasi perusahaan, koordinasi proyek perorangan, alokasi sumber daya dan perencanaan jangka pendek seperti penyusunan anggaran.

Pertama kali berdiri CV. Adi Jaya Malang hanya dikelola oleh Bapak H. Abd. Rahman dan keluarga dengan mengembangkan dan memproduksi pupuk. Pupuk yang dihasilkan yaitu pupuk NPK cap Rajawali. Upaya yang ditempuh oleh CV. Adi Jaya Malang dalam menghadapi persaingan ialah dengan mengimplementasikan konsep manajemen strategi. Terutama pengelolaan manajemen perusahaan yang bergerak dalam industri pupuk. Dengan menggunakan alat analisis Matriks IE ( Internal-Eksternal ), diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui strategi perusahaan dan sekaligus meningkatkan volume penjualan dari produk yang dihasilkan. Menurut David, Fred R. (2002:05) manajemen strategis dapat didefinisikan sebagai “seni dan pengetahuan untuk merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mampu mencapai obyektifnya”. Seperti yang tersirat dalam definisi, fokus manajemen strategis terletak pada memadukan manajemen, pemasaran, keuangan/ akunting, produksi/ operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu dilakukan pengkajian mengenai “Manajemen Strategi Pada CV. Adi Jaya Malang”. Dengan dilakukannya studi tersebut, diharapkan perusahaan dapat mengggunakan manajemen strategi yang sesuai sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

1.2. Perumusan Masalah

Berdasarkan pada latar belakang masalah tersebut, maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut : “Bagaimana menerapkan manajemen strategi yang tepat pada CV. Adi Jaya Malang?”.

Tulisan terkait:

tags for the article:

Jurnalskripsi.com » MANAJEMEN STRATEGI PADA CV. ADI JAYA MALANG

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment. Login »