Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dewasa ini Negara Indonesia sedang mengalami ketidakstabilan perekonomian akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang sangat mempengaruhi semua aktivitas perekonomian, untuk itu Negara Indonesia harus mengatasi ketidakstabilan ini dengan melakukan pengelolaan yang lebih baik terhadap aktivitas perekonomian yang dijalankan. Begitu juga dengan organisasi atau perusahaan yang tumbuh dan berkembang di Negara Indonesia dengan segala aktivitas-aktivitasnya yang semakin kompleks dan luas, harus mampu mengelola aktivitas perekonomiannya dengan lebih baik pula. Semua aktivitas ekonomi yang dilakukan suatu organisasi atau perusahaan akan diproses dalam suatu sistem yang disebut sistem informasi akuntansi.

Sistem informasi akuntansi ini dirancang sedemikian rupa oleh suatu perusahaan sehingga dapat memenuhi fungsinya yaitu menghasilkan informasi akuntansi yang tepat waktu, relevan dan dapat dipercaya. Dalam suatu sistem informasi akuntansi terkandung unsur-unsur pengendalian, maka baik buruknya sistem informasi akuntansi sangat mempengaruhi fungsi manajemen dalam melakukan pengendalian internal, karena informasi yang dihasilkannya akan dijadikan salah satu dasar dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan. Mengingat begitu pentingnya penerapan sistem informasi akuntansi dalam suatu perusahaan, maka tidak dapat dibayangkan bagaimana jadinya kalau suatu perusahaan tidak memiliki sistem informasi akuntansi yang memadai. Perusahaan tersebut mungkin tidak dapat memproses transaksinya secara jelas, terinci dan terstruktur. Kemudian perusahaan tersebut mungkin tidak akan memperoleh informasi yang relevan dan dapat dipercaya yang diperlukannya untuk dijadikan dasar dalam mengambil keputusan yang menyangkut aktivitas dan kelangsungan hidup perusahaan.

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp350ribu Rp300ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Selanjutnya karena sistem informasi akuntansi didalamnya mengandung unsur-unsur pengendalian, maka perusahaan mungkin tidak dapat menjalankan pengendalian-pengendalian yang diterapkannya dengan baik. Karena pengendalian tidak dijalankan dengan baik, tidak menutup kemungkinan terjadinya penyimpangan-penyimpangan dan kecurangan-kecurangan yang dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja. Jika penyimpangan dan kecurangan sudah terjadi otomatis aktiva yang dimiliki perusahaan terancam keselamatannya dan aktivitas yang dilakukan menjadi tidak efektif dan efisien.

Dari uraian diatas, sangat jelas terlihat ada hubungan yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya, dimana fungsi sistem informasi akuntansi sangat berperan sekali atas pengendalian-pengendalian yang dijalankan perusahaan. Rumah Sakit merupakan perusahaan atau organisasi yang tidak mengejar keuntungan semata, namun untuk dapat terus menjaga kelangsungan hidupnya, tidak akan terlepas dari masalah biaya. Pendapatan yang diperoleh dari jasa pelayanan yang diberikan merupakan bagian yang penting untuk membiayai pengeluaran-pengeluarannya. Maka dari itu Rumah Sakit juga perlu menerapkan suatu sistem informasi akuntansi yang didalamnya mengandung unsur-unsur pengendalian.

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai sistem informasi akuntansi yang diterapkan Rumah Sakit dalam hal menciptakan pengendalian internal pendapatan. Karena itu, dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Atas Pengendalian Internal Pendapatan ” (Studi Kasus pada Rumah Sakit Mata Cicendo).

1.2 Identifikasi Masalah

Adapun masalah-masalah yang diteliti mengenai sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal pendapatan di Rumah Sakit tersebut menyangkut hal-hal sebagai berikut :

  1. Apakah fungsi sistem informasi akuntansi yang dilaksanakan Rumah Sakit telah memadai.
  2. Apakah sistem informasi akuntansi berfungsi atas pengendalian internal pendapatan.
Print Friendly

tags for the article:

jurnal sia (51), fungsi sistem informasi akuntansi (30), pentingnya sistem informasi akuntansi (10)
Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Atas Pengendalian Internal Pendapatan (Studi Kasus pada Rumah Sakit Mata Cicendo)

Leave a Reply