Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Penelitian

Kemajuan usaha suatu perusahaan menuntun kinerja perusahaan yang terus menerus ditingkatkan. Peningkatan kinerja tersebut dapat dilihat dari pertanggung jawaban keuangan perusahaan yang bersangkutan. Pertanggung jawaban keuangan perusahaan yang bersangkutan harus didasarkan pada catatancatatan yang dibuat oleh perusahan itu sendiri. Dalam hal ini tidak tertutup kemungkinan bahwa hasil pencatatan dipengaruhi oleh hal-hal yang dapat menyebabkan diragukannya laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan.

Dalam keadaan ini para pemakai laporan keuangan dapat beranggapan bahwa laporan keuangan yang disajikan dibuat “lebih bagus” dari yang sebenarnya. Berdasarkan hal di atas, laporan keuangan perlu diaudit oleh akuntan publik yang berwenang dan independen, yang dari hasil auditnya dapat memberikan pernyataan mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut. Dalam pelaksaan audit atas laporan keuangan oleh akuntan publik, hasilnya bukan hanya untuk kepentingan klien tetapi juga untuk pihak ketiga meliputi investor, kreditor, lembaga keuangan, pemerintah, masyarakat dan lain-lain yang memiliki kepentingan terhadap laporan keuangan klien yang telah diaudit oleh akuntan publik karena hasil ini menyangkut kepentingan banyak pihak dan sangat tergantung pada mutu hasil audit, akuntan publik haruslah independen, artinya bahwa ia tidak boleh memihak baik terhadap klien yang membayarnya maupun kepada pihak ketiga.

Independensi akuntan publik merupakan dasar utama kepercayaan masyarakat dalam menilai mutu jasa audit, independensi akuntan publik menjadi suatu hal yang sangat penting. Independensi akuntan publik memiliki dua aspek yaitu: 1). Independensi sikap mental (independence in fact) 2). Independensi penampilan (independence in appearance) Independensi sikap mental akan ada apabila dalam kenyataannya akuntan publik sebagai auditor mampu mempertahankan sikap yang tidak memihak sepanjang pelaksanaan auditnya. Sedangkan sikap independensi akuntan publik dalam melaksanakan tugas harus menghindari keadaan yang membuat orang lain meragukan kebebasan.

Berdasarkan hal tersebut di atas, penulis berminat meneliti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi independensi khususnya independensi penampilan akuntan publik yang dituangkan dalam judul penelitian : “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Independensi Akuntan Publik.” (Studi Survei pada Kantor Akuntan Publik di Bandung.)

Dalam penelitian ini akan diteliti faktor-faktor yang mempengaruhi independensi menurut Kantor Akuntan Publik yang berada di Bandung. Faktorf-aktor tersebut antara lain :

  1. Hubungan keluarga akuntan berupa suami/istri, saudara sedarah semenda dengan klien ;
  2. Besar audit fee yang dibayar klien tertentu.
  3. Hubungan usaha dan keuangan dengan klien, keuntungan dan kerugian
  4. yang terkait dengan usaha klien.
  5. Pemberian fasilitas dan bingkisan (gifts) oleh klien.
  6. Keterlibatan dalam usaha yang tidak sesuai.
  7. Pelaksanaan jasa lain untuk klien audit.

1.2. Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian dalam latar belakang penelitian, penulis mengidentifikasikan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:

  1. Apakah faktor-faktor seperti hubungan keluarga,besar audit fee yang dibayarkan oleh klien, hubungan usaha dan keuangan dengan klien, pemberian fasilitas dan bingkisan, ketrlibatan usaha yang tidak sesuai dan pelaksanaan jasa lain dapat mempengaruhi independensi Akuntan Publik.
  2. Apakah faktor-faktor seperti hubungan keluarga,besar audit fee yang dibayarkan oleh klien, hubungan usaha dan keuangan dengan klien, pemberian fasilitas dan bingkisan, ketrlibatan usaha yang tidak sesuai dan pelaksanaan jasa lain tidak dapat mempengaruhi independensi Akuntan Publik.

Tulisan terkait:

Jurnalskripsi.com » Faktor-faktor yang Mempengaruhi Independensi Akuntan Publik (Studi Survei pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment. Login »