Referensi Jurnal Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Saat sistem ekonomi telah menglobal, persaingan ekonomi dan bisnis di tingkat nasional ataupun dunia meningkat tajam. Perusahaan harus dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada, meskipun peluang itu sangat kecil. Perusahaan-perusahaan harus dapat membaca perkembangan-perkembangan yang ada guna mengambil kebijakan yang dapat digunakan untuk eksistensi usahanya. Melalui penerapan kebijakan, perusahaan dapat merangsang terciptanya efisiensi dan peningkatan keunggulan daya saing yang akan menunjukan kinerja perusahaan. Didalam mekanisme usaha, setiap pemilik, manajer dan penanam modal sangat membutuhkan informasi yang berkaitan dengan kinerja perusahaan. Kinerja merupakan alat untuk mengukur prestasi kerja suatu perusahaan atau badan usaha, sehingga dapat diketahui perkembangan kondisi operasional perusahaan. Melalui penilaian kinerja, perusahaan dapat dijadikan tolak ukur landasan kebijakan yang akan diterapkan pada masa yang akan datang, sehingga tujuan utama perusahaan dapat diwujudkan. Kinerja perusahaan adalah hasil dari semua keputusan yang dilakukan secara terus menerus oleh manajemen perusahaan. Kinerja dapat dikatakan sebagai suatu hasil yang ditunjukkan perusahaan atau organisasi kepada audience tentang prestasi atau kemunduran yang telah dicapai oleh perusahaan (Helfret, 1996:62).

Perusahaan melakukan penilaian kinerja keuangannya dengan maksud untuk melihat sejauh mana perusahaan menggunakan dana yang ada dalam perusahaan secara efektif dan efisien. Kinerja keuangan perusahaan sangat diperlukan terutama bagi pihak-pihak yang berkepentingan dan yang ada kaitannya dengan kelangsungan hidup perusahaan, misalnya bagi manajer, kreditor, investor, calon investor, pemerintah dan masyarakat yang ingin memperoleh informasi mengenai perkembangan perusahaan terutama yang berkaitan dengan kinerja keuangan (Anthony dan Govindarajan, 1998:8). Untuk mengetahui kondisi kinerja perusahaan, dapat diketahui berdasarkan hasil analisis laporan keuangan. Analisis rasio bagi pihak manajemen sangat berguna untuk melakukan perbaikan-perbaikan serta menyusun strategi perusahaan dimasa yang akan datang, untuk itulah penelitian ini lebih terfokus pada kinerja perusahaan terutama yang berkaitan dengan kinerja keuangan perusahaan.

Secara umum kinerja keuangan perusahaan ditunjukkan dalam laporan keuangan yang dipublikasikan. Kondisi kinerja perusahaan dapat diketahui berdasarkan hasil analisis laporan keuangan, dan dari laporan keuangan tersebut dapat dilakukan analisis berdasarkan rasio-rasio keuangan. Rasio menggambarkan suatu hubungan pertimbangan antara suatu jumlah tertentu dan jumlah yang lain. Hasil analisis laporan keuangan yang menunjukan kinerja perusahaan tersebut dipakai sebagai dasar penentu kebijakan bagi pemilik, manajer dan investor.

Ukuran yang lazim dipakai dalam analisis laporan keuangan adalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Analisis rasio keuangan merupakan analisis yang sering dipakai karena merupakan metode yang paling tepat untuk diterapkan dalam penilaian kinerja perusahaan. Penggunakan alat analisis berupa rasio, dapat menunjukkan atau memberi gambaran tentang baik atau buruknya posisi keuangan suatu perusahaan apabila dibandingkan dengan rasio tahun sebelumnya atau dengan perusahaan sejenis yang lainnya.

Berdasarkan uraian diatas maka peneliti termotivasi untuk melakukan suatu penelitian pada perusahaan food and beverages yang telah go public pada Bursa Efek Jakarta, dikarenakan ingin meneruskan penelitian terdahulu, yaitu penelitian Shinta (2002) yang melakukan penelitian dengan tujuan untuk menilai kinerja keuangan pada perusahaan makanan dan minuman tahun 1997-2000, dengan mengambil sampel tiga perusahaan yaitu PT. Siantar TOP, PT. Indofood Sukses Makmur dan PT. Ultrajaya Milk dengan memakai rasio likuiditas, leverage dan profitabilitas. Penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa PT. Siantar TOP Tbk. mempunyai current ratio, leverage dan profitabilitas terbaik dibandingkan 2 perusahaan yang lainnya. Penelitian yang dilakukan penulis ini adalah replikasi dari penelitian Shinta (2002) dengan menambah analisis rasionya dan meneliti tahun-tahun berikutnya. Penelitian dilakukan pada perusahaan food and beverages yang telah go public di Bursa Efek Jakarta periode 2001 sampai 2004 dengan menggunakan rasio keuangan likuiditas, aktivitas, leverage dan profitabilitas.

Obyek penelitian adalah perusahaan industri sektor makanan dan minuman yang go public di Bursa Efek Jakarta dengan alasan :

  1. Sektor makanan dan minuman akan survive dan paling tahan terhadap krisis dibandingkan dengan sektor lainnya, sebab dalam kondisi krisis ataupun tidak produk makanan dan minuman tetap dibutuhkan. Dalam keadaan krisis konsumen akan membatasi konsumsinya dengan memenuhi kebutuhan dasar dan mengurangi kebutuhan barang sekunder.
  2. Produk makanan dan minuman tetap dibutuhkan, dan bahan baku yang digunakan untuk membuat produk makanan dan minuman mudah untuk diperoleh.

Dari uraian-uraian diatas itulah penulis dalam melakukan penelitian ini mengambil judul : “Evaluasi Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages yang go public di Bursa Efek Jakarta”. (Periode penelitian tahun 2001 sampai dengan tahun 2004).

1.2 Rumusan Masalah

Didalam menilai prestasi perusahaan sering kali pihak manajemen menemui kesulitan, disebabkan oleh banyaknya masalah yang harus dipertimbangkan guna menilai prestasi perusahaan yang sesungguhnya. Berdasarkan hal tersebut diatas maka dapat dirumuskan permasalahan yang ingin diteliti yaitu : seberapa besarkah tingkat kenaikan dan penurunan rasio keuangan pada perusahaan food and beverages yang go public di Bursa Efek Jakarta periode penelitian 2001 sampai dengan 2004, dan apakah yang menyebabkan kenaikan dan penerununan rasio tersebut?

Tulisan terkait:

Jurnalskripsi.com ยป Evaluasi Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages yang go public di Bursa Efek Jakarta. (Periode penelitian tahun 2001 sampai dengan tahun 2004).

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment. Login »