Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perubahan dinamis kondisi ekonomi dan sosial telah mengubah secara drastis minat beli konsumen dengan semakin banyaknya pilihan produk, konsumen telah memiliki ekspektasi yang lebih besar dan lebih menantang daripada sebelumnya. Mereka tidak hanya mengharapkan produk yang berkualitas tinggi karena kualitas produk telah menjadi suatu kewajaran dan persyaratan umum. Jenis baru konsumen ini menginginkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau oleh mereka. Perusahaan harus dapat merebut konsumen dari tangan pesaing dengan memberikan value yang lebih besar.

Pemasaran modern memerlukan lebih dari sekedar mengembangkan produk yang baik, menawarkannya dengan harga yang menarik, dan membuatnya mudah didapat oleh pelanggan sasaran. Salah satu strategi komunikasi yang paling efektif adalah promosi. Promosi merupakan elemen dalam marketing mix yang dipakai perusahaan untuk memasarkan kebutuhannya. Promosi dipandang sebagai, arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan untuk menciptakan pertukaran dalam pemasaran (Swastha, 1994, hlm. 237). Jadi promosi merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran, dan sering dikatakan sebagai “proses berlanjut” ini disebabkan karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari  perusahaan.  Perusahaan-perusahaan selalu mencari cara-cara  untuk mendapatkan efisiensi dengan  mengganti satu alat promosi dengan yang lain, bila keadaan ekonomisnya sudah lebih mengguntungkan.

Media promosi yang sering digunakan untuk menyampaikan informasi tentang produk adalah media periklanan. Periklanan merupakan salah satu media yang digunakan perusahaan, bisa diklasifikasikan menurut tujuannya yaitu, untuk memberikan informasi, membujuk dan mengingatkan ( Kotler, 1993, hlm. 362). Inti dari periklanan adalah untuk memasukan sesuatu dalam pikiran konsumen dan mendorong konsumen untuk bertindak atau adanya kegiatan periklanan sering mengakibatkan terjadinya penjualan dengan segera, meskipun banyak juga penjualan terjadi pada waktu mendatang. Dengan demikian, secara umum dapat dikatakan bahwa tujuan periklanan adalah untuk meningkatkan penjualan yang menguntungkan (Swastha, 1994, hlm. 252).

Iklan bisa digunakan untuk membentuk citra jangka panjang sebuah produk dan juga untuk menggerakkan penjualan cepat. Iklan merupakan cara efisien untuk mencapai banyak pembeli yang secara geografis tersebar. Iklan haruslah dilaksanakan dalam skala cukup besar untuk membuat kesan yang efektif terhadap pasarnya. Masalah dana iklan tergantung pada media yang dipilihnya tentunya iklan melalui televisi membutuhkan anggaran yang besar, dibandingkan iklan surat kabar, radio, brosur, pamflet, baliho dan lain-lain, bisa dilaksanakan dengan anggaran kecil.

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp350ribu Rp300ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Dari berbagai macam media yang ada, banyak pengiklan yang memandang televisi sebagai media yang paling efektif untuk menyampaikan informasi. Iklan yang ditayangkan dengan menggunakan jasa televisi sangat beragam, diantaranya adalah iklan rokok Gudang Garam Merah. Dengan iklan yang ditayangkan, apakah sudah mengena pada masyarakat agar dapat menerima pesan tersebut melalui iklan yang ditayangkan dalam memasarkan rokok gudang garam merah, iklan di televisi seperti Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), Surya Citra Televisi (SCTV), Andalas Televisi (AN Teve), Televisi Pendidikan Indonesia (TPI), Indosiar Visual Mandiri (Indosiar).Trans TV, Televisi Republik Indonesia (TVRI), Global TV dan Jogja TV serta media penayangan televisi lainnya. Penayangan iklan di televisi diharapkan mengena pada sasaran konsumen, baik tentang pesan iklan, audio, bintang iklan, dialog, penampilan visual dan pengaturan. Ada beberapa versi iklan Gudang Garam di televisi, akhir-akhir ini versi yang sering ditayangkan di televisi adalah sebagai berikut : Seorang pemuda keren yang akan naik bis angkutan kota dengan beberapa calon penumpang bersama-sama menunggu bis. Setelah bis berhenti semua penumpang bergegas segera masuk untuk mencari tempat duduk. Kebetulan semua tempat duduk penuh termasuk pemuda keren sudah dapat tempat duduk. Namun dibelakangnya masih ada beberapa penumpang yang ikut bis tersebut ada ibu paruh baya dengan bawaan yang berat tidak ada yang berani memberikan tempat duduk, dengan berani dan semangat pemuda keren berdiri, menawarkan tempat duduknya.

Iklan rokok Gudang Garam Merah ditelevisi selalu menampilkan seorang figur pemuda yang memiliki jiwa sosial, pemberani dan lelaki solitair. Ada beberapa versi iklan Gudang Garam Merah, yang selalu mencoba menampilkan kondisi realita kehidupan sosial dimasyarakat. Untuk iklan Gudang Garam Merah ini ingin memberi pesan kepada masyarakat bahwa kita harus menghormati orang yang lebih tua dan belajar untuk bersabar. Dari versi iklan rokok Gudang Garam Merah ini, penulis memandang perlu untuk melakukan penelitian terhadap iklan rokok Gudang Garam Merah yang ditayangkan ditelevisi. Berdasarkan alasan tersebut maka topik yang penulis ambil adalah “Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi“.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan  latar belakang yang telah diuraikan maka permasalahan dapat dirumuskan :

  1. Bagaimana daya tarik iklan rokok Gudang Garam Merah dimedia televisi apabila ditinjau dari pesan iklan (X1), audio(X2), bintang iklan (X3), dialog(X4), penampilan visual(X5) dan pengaturan(X6) ?
  2. Manakah diantara faktor pesan iklan (X1), audio (X2), bintang iklan (X3), dialog (X4), penampilan visual (X5) dan pengaturan (X6) yang memberikan daya tarik terbesar dalam iklan rokok Gudang Garam Merah di media televisi ?

     

Print Friendly
DAYA TARIK IKLAN PRODUK ROKOK GUDANG GARAM MERAH DI MEDIA TELEVISI

Leave a Reply