Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Bidang yang Ditekuni

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, berkembang pula dunia usaha dewasa ini, terbukti dengan berdirinya perusahaan besar, perusahaan menengah dan perusahaan kecil. Pengaruh dari banyak berdirinya perusahaan ini adalah semakin kompleksnya masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan dan semakin ketatnya persaingan yang dihadapinya. Untuk menghadapi kondisi seperti ini para pengusaha dituntut untuk lebih cermat lagi supaya dapat mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Perencanaan dan pengendalian perlu dilaksanakan dalam menjalankan kegiatan perusahaan. Tanpa adanya perencanaan akan mengakibatkan kurangnya koordinasi dan kerjasama di antara masing-masing bagian dalam perusahaan sehingga akan mengganggu kelancaran jalannya perusahaan. Kegagalan melaksanakan salah satu kegiatan akan berakibat terhadap kegiatan yang lain.

Karena demikian besarnya pengaruh dari masing-masing kegiatan dalam perusahaan terhadap pelaksanaan kegiatan yang lainnya, manajemen perusahaan tidak   mempunyai  pilihan lain  kecuali  berusaha sebaik-baiknya  supaya pelaksanaan seluruh kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik. Upaya yang tepat dalam  hal  ini  adalah  menyusun  sistem  perencanan  dan  pengendalian  yang memadai dalam sebuah anggaran  (budget). Anggaran ini merupakan alat bantu manajemen perusahaan untuk menyusun perencanaan dan pengendalian kegiatan, tidak saja bagi perusahaan besar namun juga bagi perusahaan menengah dan kecil.

Banyaknya perusahaan yang bergerak dalam bidang (sektor) industri tebu (gula), akan berdampak semakin kecilnya peluang penjualan produk tersebut bagi perusahaan (pabrik) yang bersangkutan. Apalagi penjualan gula lokal  dewasa ini mengalami kemacetan, karena adanya kebijakan impor gula dari luar negeri yang berdampak pada melemahnya harga gula lokal. Untuk menghadapi dan mengatisipasi tekanan-tekanan dan untuk memenangkan persaingan, tugas perusahaan bukan sekedar memproduksi dan memasarkan produknya, namun mempertimbangkan besar kecilnya biaya yang akan terjadi untuk meningkatkan efisiensi. Kriteria     efisiensi digunakan sebagai alat pengukur untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk mencapai tingkat efisiensi tertentu dapat dilaksanakan dengan cara penekanan biaya produksi yang mengakibatkan rendahnya harga pokok produksi.

Pengendalian biaya produksi dapat dilakukan melalui penyusunan suatu anggaran.  Anggaran   merupakan  rencana  tertulis yang   dinyatakan  secara kuantitatif kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Pada perusahaan industri, aktifitas produksi merupakan hal yang penting bagi   kelangsungan   hidup   perusahaan.   Karena   dari   aktifitas   produksi   ini perusahaan dapat melakukan penjualan dan menghasilkan dana untuk membiayai seluruh aktivitas yang ada. Tanpa disertai usaha produksi yang efektif, produk perusahaan sangat mungkin mengalami penurunan dan akhirnya akan berhenti sama sekali.

Berkenaan  dengan  permasalahan  di  atas  penulis  ingin  mengetahui  di dalam praktik nyata, bagaimana anggaran perusahaan diterapkan, menganalisis serta menjawab permasalahan yang mungkin dihadapi perusahaan yang akan dituangkan dalam Laporan Praktik Kerja Nyata yang berjudul “ANGGARAN PRODUKSI SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA   PRODUKSI   PADA    PABRIK    GULA    PT.PERKEBUNAN   X (PERSERO) PG.LESTARI PATIANROWO – NGANJUK”.

1.2. Perumusan Masalah

Masalah yang akan dibahas dalam laporan PKN ini adalah bagaimanakah peran anggaran produksi sebagai alat perencanaan dan pengendalian biaya produksi di PG. Lestari ?

Tulisan terkait:

tags for the article:

Jurnalskripsi.com » ANGGARAN PRODUKSI SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PABRIK GULA PT. PERKEBUNAN X (PERSERO) PG. LESTARI PATIANROWO – NGANJUK

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Comments are closed.