Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Sistem informasi akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan operasional suatu perusahaan. Kondisi lingkungan bisnis yang turbulen dan dinamis, mendorong para pelaku bisnis untuk selalu inovatif dan meningkatkan produktivitas agar mampu tetap bertahan dalam persaingan bisnis global. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi yang sedang berlangsung dewasa ini telah memberi pengaruh yang signifikan sehingga menyebabkan perubahan yang cukup besar pula dalam lingkungan bisnis.

Salah satu cara untuk dapat bersaing dan mengatasi permasalahan yang terjadi adalah dengan pemanfaatan sistem informasi akuntansi yang efisien dan efektif. Sistem informasi akuntansi membuat perusahaan beroperasi secara lebih cepat dan mudah, dan sistem ini memasok sangat banyak informasi yang bermanfaat (Henry Simamora, 2000:175).

Kemampuan bersaing memerlukan strategi yang dapat memanfaatkan semua kekuatan dan peluang yang ada, serta menutup kelemahan dan menetralisasi hambatan strategis dalam dinamika bisnis yang dihadapi. Semua itu dapat dilakukan apabila manajemen mampu melakukan pengambilan keputusan yang didasarkan pada masukan-masukan yang obyektif. Di antara sekian banyak faktor yang menjadi masukan  manajemen dalam pengambilan keputusan adalah masukan yang berasal dari sistem informasi akuntansi. Apapun  bentuknya,  setiap  organisasi  akan  berusaha  mencapai  tujuannya dengan mengalokasikan sumber dayanya secara optimal melalui pengambilan keputusan. Informasi, dengan demikian memiliki nilai ekonomis sepanjang dapat memberikan kontribusi kepada pengambilan keputusan alokasi sumber daya yang efisien sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Dengan demikian, informasi merupakan sumber daya organisasi yang paling penting.

Salah satu kegiatan usaha yang sangat berkepentingan dengan penerapan sistem informasi akuntansi yang baik adalah usaha di bidang penyaluran jasa perkreditan. Dewasa ini, usaha penyaluran kredit, baik itu yang berasal dari lembaga keuangan milik pemerintah maupun swasta, mendapat perhatian yang sangat serius karena dari sinilah kegiatan ekonomi real dapat berkembang. Pengusaha dalam skala kecil dan menengah sangat memerlukan bantuan keuangan dengan cara kredit untuk mengembangkan kegiatan usahanya. Selain itu, tren masyarakat dalam membeli barang juag berubah,  dari  pembelian  barang  secara  tunai  beralih  ke  pembelian  secara kredit.  Oleh  karena  itu,  keberadaan  lembaga  keuangan  yang  salah  satu kegiatan usahanya adalah pemberian kredit mutlak diperlukan.

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp350ribu Rp300ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Hal yang dirasa sangat penting oleh penulis dalam pengelolaan organisasi atau lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang usaha pemberian kredit adalah mengenai sistem akuntansi yang digunakan, terutama sistem pengajuan kredit dan pengendalian internnya. Penyusunan sistem akuntansi bertujuan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh pimpinan  perusahaan  dalam  pengambilan  keputusan  dan  pihak-pihak  lain yang berkepentingan tepat pada waktunya. Selain itu sistem akuntansi juga harus     dapat    menjaga     keamanan     harta     perusahaan     dari     tindakan penyelewengan.

Sistem pengajuan kredit bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam proses pengajuan kredit bagi para nasabah, serta memberi pedoman yang  jelas  atas  syarat-syarat  pengajuan  kredit  tersebut.  Dalam  hal  ini diperlukan sistem pengajuan kredit yang baik agar nasabah dapat dengan mudah mengerti dan memahami  prosedur    serta    syarat-syarat    untuk mengajukan kredit. Disamping itu, karyawan bagian ini akan dapat memahami fungsi dan tugasnya dengan jelas dan pihak manajemen akan dapat dengan mudah untuk mengambil keputusan karena informasi yang diperoleh jelas dan akurat. Agar tidak terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan sistem, diperlukan suatu pengendalian intern sebagai fungsi kontrol dan pengendali dari   sistem  tersebut,  sehingga  sistem  yang sudah didesain dan diimplementasikan  dengan  baik  tidak  disalahgunakan  untuk  hal-hal  yang dapat merugikan perusahaan.

Berkaitan dengan pentingnya sistem pengajuan kredit, dan sistem pengendalian intern atas kredit tersebut, maka penulis mengambil judul pada penulisan skripsi ini dengan “ANALISIS SISTEM PENGAJUAN KREDIT DAN PENGENDALIAN INTERN (Studi Kasus Pada PT. Bank Bukopin Cabang Malang – Jawa Timur). Topik tersebut diatas didasarkan pada fakta bahwa pengajuan kredit serta pengendalian internnya merupakan hal yang sangat vital di organisasi ataupun lembaga keuangan yang salah satu kegiatan usahanya  adalah  pemberian  kredit.  Dalam  penelitian  ini,  penulis  berusaha untuk meneliti dan mengetahui sistem pengajuan kredit, dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan sistem pengajuan kredit yang digunakan oleh PT. Bank Bukopin Cabang Malang-Jawa Timur, berikut pengendalian internnya.

1.2 RUMUSAN MASALAH

Dalam rangka menganalisa sistem pengajuan kredit serta sistem pengendalian internnya  yang sesuai dengan aktivitas perusahaan, maka dapat dirumuskan masalah-masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana  sistem  pengajuan  kredit  yang  diterapkan  oleh  PT.  Bank Bukopin Cabang Malang – Jawa Timur?
  2. Bagaimana sistem pengendalian intern atas kredit yang diberikan oleh PT. Bank Bukopin Cabang Malang – Jawa Timur?
  3. Apakah sistem pengajuan kredit dan pengendalian intern yang diterapkan tersebut telah berjalan efektif sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan?
Print Friendly

tags for the article:

pengajuan kredit (26)
ANALISIS SISTEM PENGAJUAN KREDIT DAN PENGENDALIAN INTERN (Studi Kasus Pada PT. Bank Bukopin Cabang Malang – Jawa Timur)

Leave a Reply