Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan perekonomian secara keseluruhan harus pula diukur dari seberapa jauh perkembangan pasar modal dan industri sekuritas suatu Negara. Perkembangan perekonomian lebih jauh telah mendorong tumbuhnya spesialisasi bidang keuangan yang pada gilirannya akan mendukung kemajuan bidang-bidang lainnya. Karena itu, sektor keuangan umumnya dan pasar modal pada khususnya telah menjadi salah satu indikator dalam mengukur perkembangan ekonomi pada umumnya. Di setiap Negara pasar modal menjalankan fungsi ekonomi dan keuangan, sehingga harus dipacu pertumbuhannya untuk pasar modal yang efisien.

Pasar modal yang efisien di sini adalah pasar modal yang harga sekuritas-sekuritasnya telah mencerminkan semua informasi yang relevan (Husnan, 1996:246). Efisiensi pasar modal sangat penting bagi perkembangan pasar modal, maka dapat diketahui perkembangan pasar modal yang terjadi. Dengan pasar modal yang efisien berarti informasi yang relevan dengan harga saham tersebar secara merata dalam waktu yang sama kepada seluruh pelaku pasar modal yang ada, khususnya para pemodal. Sehingga pemodal akan memperoleh harga yang wajar.Semakin cepat informasi baru tercermin pada harga sekuritas, semakin efisien pasar modal tesebut. Pelaku bursa yang memiliki informasi lebih dulu tersebut diharapkan akan mendapatkan keuntungan diatas normal selama periode waktu setelah pengumuman dividen, hal ini disebabkan pasar membutuhkan waktu untuk menyebarkan informasi.

Sebelum investor melakukan transaksi di pasar modal, baik pasar perdana maupun sekunder. Para investor terlebih dahulu melakukan penilaian terhadap emitter (perusahaan) yang menerbitkan (menawarkan) sahamnya di bursa efek. Salah satu aspek yang menjadi bahan penilaian bagi investor adalah kemampuan emitter dalam menghasilkan laba, tingkat return, risiko dan hubungan antara return dan risiko, hubungan return dengan risiko di investasi merupakan hubungan yang searah dan linier, artinya makin besar tingkat risiko yang ditanggung semakin besar pula tingkat return yang diharapkan.

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp350ribu Rp300ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Hubungan yang melatarbelakangi tidak semua investor menanamkan investainya pada asset dengan tingkat return paling tinggi, dikarenakan semakin tinggi return perusahaan emitten maka semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung investor.

Kebijakan dividen mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya. Adanya dividen cenderung menghilangkan atau mengurangi ketidakpastian. Disamping itu pengumuman dividen juga mengandung informasi mengenai laba perushaan di masa yang akan datang sehingga sangat berguna bagi investor maupun perusahaan itu sendiri. Bagi investor dividen merupakan salah satu bentuk return disamping Capital Gain.

Berdasarkan uraian yang telah penulis sampaikan, penulis akan melakukan penelitian perilaku return saham di sekitar hari pengumuman dividen. Sehingga penulis tertarik untuk mengambil judul: “ ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA “.

1.2 Pokok permasalahan

Kesempatan investor untuk mendapatkan dividen dari emitten yang melakukan pengumuman dividen dapat dilakukan dengan membeli sahamnya, sejak dividen diumumkan sampai dengan sebelum hari pencatatan dividen, jika investor membeli saham pada saat pencatatan dan setelah hari pencatatan dividen maka hak mereka atas dividen adalah dividen yang diumukan pada hari berikutnya. Hari pengumuman dividen menunjukkan bahwa harga saham yang diperdagangkan sudah tanpa dividen. Begitu juga sebaliknya, jika investor tidak menghendaki dividen atas saham yang dimilikinya mereka dapat menjual sahamnya sebelum hari pengumuman dividen (Marlina,2000)

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dirumuskan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini, yaitu “Apakah pengumuman dividen mempengaruhi return saham ?”

 

Print Friendly
ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA

Leave a Reply