Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Perkembangan perekonomian suatu negara dapat diukur dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengetahui tingkat perkembangan dunia pasar modal dan industri-industri sekuritas yang ada pada negara tersebut. Pasar modal merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperoleh dana, baik dari dalam maupun luar negeri dimana terjadi alokasi dana dari pihak yang kelebihan dana ke pihak yang memerlukan dana. Kehadiran pasar modal memperbanyak pilihan sumber dana bagi perusahaan serta menambah pilihan investasi, yang dapat juga diartikan kesempatan untuk memperolah tambahan dana bagi perusahaan semakin besar. Terkait peran dan fungsi pasar modal inilah maka kebutuhan atas informasi yang relevan dalam pengambilan keputusan investasi di pasar modal juga semakin kuat.

Saham-saham perusahaan yang go publik sebagai komoditi investasi memiliki keunikan tersendiri, karena sifatnya yang sangat peka terhadap perubahan lingkungan bisnis. Perubahan-perubahan yang terjadi tersebut bisa berdampak positif dan dapat pula berdampak negatif. Para investor yang akan berinvestasi dalam bentuk saham memerlukan informasi-informasi akurat sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan. Kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor yang dilihat investor untuk menentukan pilihan dalam membeli saham, yang tercermin dalam analisis laporan keuangan. Analisis laporan keuangan ini mencakup (1) pertimbangan kinerja perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama, dan (2) evaluasi kecenderungan posisi keuangan perusahaan sepanjang waktu (Bringham dan Houston, 2001: 78).

Dengan asumsi investor merupakan pelaku yang rasional, maka aspek fundamental akan menjadi dasar penilaian (basic valuation) yang sangat berharga. Hal ini didasarkan pada argumentasi bahwa nilai saham mewakili nilai perusahaan, tidak hanya nilai intrinsik pada saat itu juga, akan tetapi juga merupakan harapan akan kemampuan perusahaan dalam meningkatkan nilai kekayaan di kemudian hari.

Penelitian untuk menganalisis pengaruh berbagai faktor fundamental terhadap harga saham telah banyak dilakukan, namun masih menghasilkan berbagai kesimpulan yang beragam. Penelitian tentang pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham diantaranya dilakukan oleh Itan dan Syakhroza (2003) dan Handayani (2003). Itan dan Syakhroza (2003) meneliti tentang pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada perusahaan yang termasuk LQ45 di BEJ selama lima tahun dengan ukuran DER, ROA, ROE, NPM, OPM, PER, dan PBV sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA dan PBV berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Handayani (2003) dalam penelitiannya menggunakan sampel perusahaan perbankan yang go public selama tiga tahun dengan variabel bebas ROI, ROE, DER dan Quick ratio. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio keuangan yang paling berpengaruh adalah ROI.

Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian Itan dan Syakhroza (2003) dengan menggunakan sampel dan periode penelitian yang berbeda. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ periode 2003-2005 sebagai sampel penelitian. Motivasi dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui adanya konsistensi hasil pada penggunaan sampel dan periode penelitian yang berbeda. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka peneliti tertarik untuk menjadikan Bursa Efek Jakarta sebagai obyek penelitian, dimana penelitian yang akan dilakukan mengambil judul “Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta”

1.2. Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi:

  1. Apakah ROI mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham?
  2. Apakah ROE mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham?
  3. Apakah DER mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham?
  4. Apakah CR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham?
  5. Apakah NPM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham?
  6. Apakah ROI, ROE, DER, CR, dan NPM secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham?

Judul terkait:

tags for the article:

pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham (40), pengaruh kinerja keuangan perusahaan terhadap harga saham (28), PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP HARGA PASAR SAHAM (16), yhs-per_003 (15), jurnal tentang pengaruh rasio terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Bei (4)
ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

Current day month ye@r *