Referensi Jurnal Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Setiap perusahaan didirikan dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Sebagaimana diketahui bahwa tujuan perusahaan dalam suatu kondisi perekonomian   yang    kompetitif  adalah untuk  memperoleh keuntungan maksimal dengan pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang dan juga untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Dalam usaha untuk mencapai tujuannya, maka setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk meningkatkan efektifitas maupun efisiensi kerjanya. Untuk mengkoordinasikan kegiatan perusahaan dalam mencapai tujuannya, disusunlah strategi-strategi sebagai petunjuk didalam mencapai tujuannya.

Untuk memastikan bahwa perusahaan melaksanakan strateginya secara efektif dan efisien, manajemen melakukan suatu proses yang disebut dengan pengendalian. Salah satu bentuk pengendalian adalah dengan menggunakan anggaran. Anggaran yang dibuat merupakan suatu pengarahan perhatian, karena membantu para manajer untuk memusatkan perhatian pada masalah operasional atau keuangan pada waktu yang lebih awal untuk pengendalian yang lebih efekfif. Oleh karena itu, haruslah disusun anggaran untuk tiap-tiap tingkatan manajemen melalui pembentukan pusat-pusat pertanggungjawaban, serta laporan anggaran dan realisasinya dari setiap pusat pertanggungjawaban untuk dapat menentukan prestasi pusat pertanggungjawaban.

Akuntansi    pertanggungjawaban    merupakan    sistem   akuntansi   yang mengakui berbagai pusat pertanggungjawaban pada keseluruhan perusahaan yang mencerminkan rencana dan tindakan setiap pusat pertanggungjawaban dengan menetapkan pendapatan dan biaya tertentu. Akuntansi pertanggungjawaban sebenarnya   timbul   sebagai   akibat   adanya   wewenang   yang   diberikan   dan bagaimana mempertanggungjawabkan dalam bentuk suatu laporan tertulis. Akuntansi     pertanggungjawaban yang  baik,  dalam penerapannya   harus menetapkan atau memberi wewenang secara tegas, karena dari wewenang ini akan  menimbulkan adanya tanggungjawab.  Dengan wewenang     dan tanggungjawab tersebut akan memudahkan pengendalian terhadap penyimpangan yang terjadi.

Akuntansi  pertanggungjawaban  banyak  dipakai  oleh perusahaan  dan badan usaha lainnya karena memungkinkan perusahaan untuk merekam seluruh aktivitas usahanya, kemudian mengetahui unit yang bertanggungjawab atas aktivitas tersebut, dan menentukan unit usaha mana yang tidak berjalan secara efisien.

Dengan diterapkannya sistem akuntansi pertanggungjawaban yang baik akan menyebabkan terciptanya suatu pengendalian dan pengukuran prestasi kerja manajer. Akuntansi pertanggungjawaban juga sebagai sarana untuk mengevaluasi kemampuan setiap manajer, sehingga akan dibentuk landasan terciptanya suatu sistem pengukuran prestasi kerja manajer. Laporan pertanggungjawaban dapat dipergunakan sebagai dasar untuk membuat analisis yang bertujuan untuk mengukur prestasi kerja manajer untuk setiap pusat pertanggungjawaban.

Sistem akuntansi pertanggungjawaban merupakan metode pengendalian biaya. Biaya dalam sistem akuntansi pertanggungjawaban dihubungkan dengan manajer yang memiliki wewenang untuk mengkonsumsi sumber daya. Karena sumber daya yang digunakan harus dinyatakan dalam satuan uang dan itu merupakan biaya, maka sistem akuntansi pertanggungjawaban merupakan satu metode pengendalian biaya yang memungkinkan manajemen untuk melakukan pengelolaan biaya.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk menyusun skripsi dengan judul: “Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendali Biaya Produksi dan Penilaian Kinerja Manajer Produksi (Studi Kasus Pada Pabrik Gula Meritjan, Kediri)

1.2. Perumusan dan Batasan Masalah

1.2.1. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang diuraikan sebelumnya, maka dapat dirumuskan permasalahan yang menjadi inti pembahasan dalam skripsi ini,yaitu:

  1. Bagaimana   pelaksanaan       dan  penerapan       sistem  akuntansi pertanggungjawaban pada unit produksi di PG. Meritjan Kediri ?
  2. Bagaimana     proses dan  prosedur    penyusunan     anggaran     sebagai pelaksanaan   dari   sistem akuntansi pertanggungjawaban    dan    alat pengendalian biaya produksi ?
  3. Bagaimana pengaruh dari penyusunan anggaran terhadap efektifitas dan efisiensi biaya produksi ?
  4. Bagaimana sistem akuntasi pertanggungjawaban dapat digunakan sebagai usaha pihak PG. Meritjan untuk mengendalikan biaya produksinya ?

Judul terkait:

ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALI BIAYA PRODUKSI DAN PENILAIAN KINERJA MANAJER PRODUKSI (Studi Kasus Pada PG. Meritjan Kediri)

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

Current day month ye@r *