Referensi Jurnal Skripsi

ABSTRAKSI

Timbulnya usaha di bidang jasa dewasa ini mengakibatkan berkembangnya pasar jasa yang ditandai dengan banyaknya produk-produk jasa yang ditawakan ke pasar. Hal ini berakibat munculnya persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, perusahaan jasa dituntut untuk mampu menghasilkan produk jasa yang berkualitas guna memenangkan persaingan.

Salah satu bentuk bisnis jasa adalah penyiaran radio. Jasa penyiaran radio disamping sebagai media hiburan, juga berfungsi sebagai media informasi dan pendidikan. Kelangsungan usaha ini sangat tergantung pada kemampuannya untuk memberikan materi-materi siaran yang diinginkan oleh para pendengar sebagai konsumennya. Dengan terpenuhinya keinginan mereka diharapkan akan menimbulkan loyalitas atau lebih sering disebut dengan “pendengar setia”.

Radio Kalimaya Bhaskara FM adalah salah satu perusahan yang bergerak di bidang jasa tersebut. Dengan adanya persaingan yang semakin ketat , maka Radio Kalimaya Bhaskara FM dituntut untuk dapat memenuhi keinginan dari para pendengarnya. Untuk memenuhi keinginan dai para pendengarnya Radio Kalimaya Bhaskara FM seharusnya mengetahui apa yang menjadi harapan dari pendengar dan bagaiamana pendapat pendengar tentang kinerja perusahaan, yang pada akhirnya dapat digunakan untuk mengetahui kepuasan yang diperoleh pendengar dari kualitas siaran Radio Kalimaya Bhaskara FM.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari kehandalan (reliability), tanggapan (responsiveness), perhatian (empathy), jaminan (assurance) dan bukti fisik (tangibles) yang kemudian dijabarkan menjadi beberapa atribut variabel. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisa Kepentingan-Kinerja (Important Performance Analysis). Berdasarkan dari hasil pengolahan data diketahui bahwa para pendengar menganggap penting dimensi kualitas pelayanan yang memiliki bobot berkisar antara 426 sampai dengan 468. Atribut yang dianggap paling penting oleh pendengar adalah pengetahuan, wawasan dan kapasitas penyiar yang memiliki skor sebesar 468. Atribut yang dianggap kurang penting adalah kekuatan frekuensi, sehingga kepuasan dari pendengar/mahasiswa terhadap kualitas siaran Radio Kalimaya Bhaskara paling besar ditentukan oleh pengetahuan, wawasan dan kapasitas penyiar. Tingkat kinerja Radio Kalimaya Bhaskara berdasarkan pada penilaian pendengar atas atribut kualitas siaran berkisar antara 379 sampai dengan 400. Atribut yang pelaksanaannya paling tinggi adalah kekuatan frekuensi. Sedangkan item yang pelaksanaannya paling rendah adalah cara penyampaian informasi, sehingga atribut yang dianggap pelaksanaannya paling baik adalah kekuatan frekuensi. Berdasarkan pada nilai kesesuaian dan kuadran pada diagram kartesius dapat diketahui bahwa item kesediaan dalam menanggapi saran dan kritik merupakan prioritas utama dalam melakukan perbaikan.

Kata Kunci : Kualitas Siaran, Kepuasan Pendengar, Kinerja dan Kepentingan

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Timbulnya usaha di bidang jasa dewasa ini mengakibatkan berkembangnya pasar jasa yang ditandai dengan banyaknya produk-produk jasa yang ditawakan ke pasar. Hal ini berakibat munculnya persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, perusahaan jasa dituntut untuk mampu menghasilkan produk jasa yang berkualitas guna memenangkan persaingan.

Perkembangan pasar jasa juga terjadi pada bisnis hiburan. Hiburan merupakan salah satu kebutuhan yang dianggap penting bagi kebanyakan masyarakat perkotaan khususnya mereka yang tergolong memiliki status sosial menengah ke atas. Adanya perkembangan bisnis hiburan itu dengan sendirinya memunculkan persaingan antar pelaku bisnis hiburan.

Salah satu bentuk bisnis hiburan adalah jasa penyiaran radio. Penyiaran radio merupakan salah satu bentuk bisnis hiburan yang kehadirannya dipandang penting dan dirasakan besar manfaatnya bagi masyarakat. Jasa penyiaran radio disamping sebagai media hiburan, juga berfungsi sebagai media informasi dan pendidikan. Kelangsungan usaha ini sangat tergantung pada kemampuannya untuk memberikan materi-materi siaran yang diinginkan oleh para pendengar sebagai konsumennya. Dengan terpenuhinya keinginan mereka diharapkan akan menimbulkan loyalitas atau lebih sering disebut dengan “pendengar setia”.

Pada umumnya yang menggunakan jasa radio adalah pemasang iklan untuk mempromosikan produknya dan pendengar untuk memperoleh informasi serta hiburan. Pengelola radio dalam mengelola siaran radio haruslah memperhatikan keinginan konsumennya agar produknya dapat diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga elemen yang sangat mempengaruhi penentuan program, yaitu pemasang iklan (perusahaan yang mempromosikan produknya melalui siaran radio), pendengar (merupakan sasaran iklan dan pengelola siaran radio) dan pihak radio sendiri sebagai pengelola siaran radio. Pemasang iklan akan memilih radio didasarkan pada pasar sasaran radio tersebut dan seberapa jauh kemampuan daya jangkau siarannya. Di lain pihak, pendengar akan selalu mendengarkan siaran radio jika stasiun radio tersebut mampu memberikan apa yang diinginkannya, sehingga timbul kepuasan dalam menikmati siaran radio yang dipilihnya. Dari penjelasan itu pengelola siaran radio harus mampu mempertahankan kedua konsumen tersebut dengan cara menjaga dan meningkatkan program siaran.

Keberadaan radio sebagai salah satu perusahaan jasa seharusnya dikelola secara profesional. Pengelolaan secara profesional adalah mencakup seluruh strategi pemasaran jasa secara terintegrasi yang membantu menciptakan masa depan yang positif bagi perusahaan, terpadu serta berkelanjutan seperti halnya perbaikan sarana dan prasarana, kecepatan dan ketepatan pelayanan, serta penerapan costumer oriented dengan titik berat pada pemenuhan harapan dan kebutuhan pemakai jasa (Adrian Payne 2001:265). Dengan adanya pemenuhan harapan dan kebutuhan pemakai jasa diharapkan akan menimbulkan kepuasan terhadap jasa yang diberikan oleh pengelola bisnis hiburan khususnya pengelola siaran radio.

Berdasarkan pada uraian yang terdapat dalam latar belakang tersebut di atas maka skripsi ini diberi judul “Analisa Kepuasan Pendengar Terhadap Kualitas Siaran Radio Kalimaya Bhaskara FM (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang).

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dikemukakan adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana tingkat kepuasan pendengar terhadap kualitas siaran radio Kalimaya Bhaskara FM ?
  2. Bagaimana implikasi kebijakan yang diambil oleh Radio Kalimaya Bhaskara FM dalam usaha meningkatkan kepuasan pendengar ?

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai berdasarkan rumusan masalahnya adalah :

  1. Mengetahui dan menganalisa tingkat kepuasan pendengar terhadap kualitas siaran Radio Kalimaya Bhaskara FM.
  2. Mengetahui dan menganalisa implikasi kebijakan Radio Kalimaya Bhaskara FM dalam usaha meningkatkan kepuasan pendengar.

1.4 Manfaat Penelitian

1. Bagi Penulis

a. Dapat lebih mengenal realita ilmu yang telah diterima diperkuliahan dengan kenyataan yang ada di lapangan.

b. Menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman selaku generasi yang dididik untuk terjun langsung di masyarakat khususnya di lingkungan kerjanya.

2. Bagi Dunia Pendidikan

a. Menambah koleksi dan khasanah pengetahuan terutama dibidang manajemen  pemasaran

b. Sebagai salah satu bahan rujukan dalam penelitian manajemen pemasaran, khususnya tentang kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan.

3. Bagi Instansi atau Perusahaan Yang Bersangkutan

a. Temuan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan oleh perusahaan yang bersangkutan dalam menyusun program kerja.

b. Temuan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan oleh perusahaan yang bersangkutan dalam menentukan prioritas pembenahan mutu pelayanan.

Tulisan terkait:

tags for the article:

Jurnalskripsi.com » ANALISA KEPUASAN PENDENGAR TERHADAP KUALITAS SIARAN RADIO KALIMAYA BHASKARA FM (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509 atau 0274-9300600

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment. Login »